Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Khasiat Terong Ungu, dari Atasi Kanker hingga Turunkan Gula Darah

Berikut manfaat konsumsi terong ungu untuk kesehatan Anda, salah satunya bisa untuk cegah kanker lho.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 27 September 2022  |  11:19 WIB
Khasiat Terong Ungu, dari Atasi Kanker hingga Turunkan Gula Darah
Terong ungu - shopee
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda suka makan terong balado? Terong balado, adalah masakan andalan yang murah, tidak ribet dan enak.

Meskipun sering dianggap sebagai sayuran, namun tanaman yang termasuk dalam keluarga nightside ini termasuk buah. Karena tumbuh dari tanaman yang berbunga dan mengandung biji.

Kandungan nutrisi dalam buah yang berbentuk lonjong melengkung ini dinilai cukup banyak. Dalam 82 gram terong ungu mentah, setidaknya mengandung 20 kalori, 5 gram karbohidrat, 3 gram serat dan 1 gram protein.

Selain itu, terong ungu juga mengandung 10% mangan, 5% folat, 5% kalium, 4% vitamin K, serta 3% vitamin C dari kebutuhan harian.

Karena kandungannya yang banyak ini, membuat terong ungu selain enak dijadikan lauk pendamping nasi, juga punyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat terong ungu untuk kesehatan berdasarkan Healthline dan Medicalnewstoday!

1. Melindungi dari radikal bebas

Terong ungu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat berbahaya atau radikal bebas.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh penelitian. Berdasarkan penelitian, antioksidan dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

2. Membantu mengontrol kadar gula darah

Terong mengandung polifenol. Polifenol ini bisa membantu mengurangi penyerapan gula serta meningkatkan sekresi insulin. Kedua hal ini berguna untuk membantu menurunkan gula darah.

Penelitian yang mengamati ekstrak terong menunjukkan, polifenol dalam terong bisa mengurangi kadar enzim yang mempengaruhi penyerapan gula dan membantu mengurangi gula darah.

3. Kaya akan serat yang membantu pencernaan

Salah satu fungsi serat dalam tubuh adalah untuk membantu memperlancar sistem pencernaan. Terong termasuk buah dengan kandungan serat yang tinggi.

Selain itu, serat juga bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan bisa mengurangi asupan kalori pada tubuh. Karena juga termasuk buah dengan kandungan kalori yang cukup rendah.

Hal ini membuat, terong sering direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

4. Membantu mengatasi kanker

Terong mengandung senyawa solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs). Beberapa penelitian mengungkap, senyawa ini bisa menyebabkan matinya sel kanker serta mengurangi kemungkinan beberapa jenis kanker tertentu untuk kambuh setelah sembuh.

Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan, jika senyawa ini dioleskan langsung pada kulit, bisa melawan kanker kulit.

5. Membantu kesehatan mata

Terong ungu mengandung antioksidan Lutein dan zeaxanthin. Lutein ini berfungsi untuk membantu kesehatan mata serta bisa membantu mencegah degenerasi makula akibat usia yang bisa menyebabkan kurangnya penglihatan orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peterongan sayuran kanker
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top