Eksfoliasi wajah/wikihow
Fashion

Cara dan Manfaat Eksfoliasi Wajah dengan Double Cleansing

Widya Islamiati
Selasa, 27 September 2022 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Istilah eksfoliasi kulit wajah kini sedang menjadi perbincangan di dunia maya. Banyak influencer yang memaparkanmanfaat eksfoliasi untuk kesehatan kulit.

Eksfoliasi memang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan kulit. Seperti mengurangi kekusaman kulit akibat sel kulit mati, ataupun mempercepat penyerapan produk perawatan kulit yang digunakan.

Tetapi, ada satu hal yang dilupakan oleh orang-orang yang giat eksfoliasi, bahwa seharusnya eksfoliasi dibarengi dengan double cleansing atau dua kali pembersihan. Mengapa? Karena untuk mengangkat sel kulit mati, seharusnya dilakukan dalam keadaan yang bersih.

Double cleansing disebut di Healthline, merupakan dua langkah sederhana dalam melakukan pembersihan kulit. Dua langkah ini dilakukan juga dengan dua jenis pembersih atau cleanser yang berbeda.

Apa saja dua cleanser itu?

Agar double cleansing efektif dilakukan, harus menggunakan cleanser yang berbahan dasar minyak pada urutan pertama. Lalu, pada tahap kedua barulah menggunakan cleanser berbahan dasar air.

Tetapi, hal ini tidak berlaku bagi kulit yang cenderung tidak cocok dengan cleanser berbahan dasar minyak. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan dua cleanser berbahan dasar air.

Apa saja manfaat double cleansing?

Manfaat langkah pertama yang menggunakan pembersih berbahan dasar minyak adalah untuk menghilangkan sisa noda yang membandel. Seperti tabir surya, riasan tahan air, sebum serta polusi.

Hal ini dapat membantu pembersih kedua untuk bekerja menghilangkan kotoran dan keringan secara lebih efektif.

Selain itu, double cleansing juga berfungsi itu merevitalisasi kulit yang kusam serta membantu penyerapan skincare.

Kapan harus melakukan double cleansing?

Teknik ini lebih baik dilakukan saat malam hari. Agar bisa membersihkan riasan yang digunakan sepanjang hari. Tetapi, dilakukan pada pagi hari juga bisa membantu membersihkan sebum yang diproduksi saat tidur.

Melakukan double cleansing setiap hari akan membantu memberikan manfaat terbaik dari teknik ini.

Bagaimana cara melakukan double cleansing?

Pembersihan pertama:

Pertama, oleskan cleansing balm ataupun gunakan kapas untuk menuangkan micellar water berbahan dasar minyak.

Kedua, pijat dengan lembut pada wajah dengan gerakan melingkar selama satu menit. Cleanser berbahan dasar minyak selama tidak mengandung pewangi, aman digunakan untuk membersihkan area sekitar mata. Bilas dengan air hangat, untuk mencegah dehidrasi.

Pembersihan kedua:

Gunakan pembersih dengan bahan dasar air untuk menjaga kelembaban kulit. Ambil secukupnya dan aplikasikan pada wajah. Lalu biarkan selama satu menit.

Setelah itu bilas dengan air hangat dan usap dengan handuk kering yang lembut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro