Siput/istimewa
Fashion

Manfaat Kandungan Lendir Siput untuk Perawatan Wajah

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 10 Maret 2022 - 19:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tren Korea Selatan terus merebak di Indonesia, dimulai dari musik, film, makanan, hingga fesyen yang terus digandrungi masyarakat di tanah air.

Terlebih khusus hadirnya kosmetik dan produk perawatan kulit yang mengandung kandungan asli dari negara Korea yang dipercaya dapat memperbaiki dan merawat tekstur wajah.

Snail Filtrate atau lendir siput adalah salah satu bahan kosmetik yang terkenal di Korea, telah dipercaya dapat menghidrasi hingga mencegah tanda-tanda penuaan seperti kerutan hingga menyembuhkan bekas luka.

dr. Rizqi Aminia, Dokter Praktisi Estetik menjelaskan snail Filtrate yang kerap disebut Snail Mucin adalah lendir siput yang disekresi oleh siput untuk pertahanan hidup mereka dengan cara mengurangi dehidrasi dan menyembuhkan luka akibat goresan saat mereka berjalan.

dr. Rizqi pun mengungkapkan bahwa kandungan nutrisi Snail Filtrate seperti Allatoin, Peptide, anti bakteri dan nutrisi lainnya dipercaya dapat membuat tampilan kulit lebih berkilau, yang kini tren kulit tersebut sering disebut glass skin.

Menurut sebuah survei terbatas yang dilakukan oleh pakar Biologi dari Tulane University, New Orleans - Louisiana yang dilakukan terhadap 25 partisipan dengan kulit rusak, menggunakan krim dengan berbahan dasar lendir siput, terbukti mampu mengurangi kerutan dan kulit kasar dalam 12 minggu. Hal ini disebabkan oleh asam glikolat atau glycolic acid dalam siput membantu memproduksi kolagen dan elastin dan juga mampu mencerahkan dan melembutkan kulit. 

Mengungkap manfaat lain mengenai kandungan Snail Filtrate, dalam studi lainnya pun ditemukan bahwa Snail Filtrate mampu mencegah penuaan dini melalui protein dan Kitin yang terkandung di dalam nya. Dalam penelitian tersebut, dilakukan metode eksperimen yang menggunakan paparan sinar UV terhadap punggung hewan (kelinci) selama 14 hari yang coba dikerutkan.

Snail Filtrate kemudian digunakan sebagai senyawa aktif dalam formulasi krim yang digunakan, yang dibagi dalam 4 formula konsentrasi 0% (tanpa Snail), 5%, 10% dan 15%. Dalam penelitian tersebut ditemukan hasil bahwa dengan konsentrasi 5% Snail filtrate memiliki efektivitas lebih kuat, sehingga disimpulkan bahwa formulasi kandungan Snail harus dapat diseimbangkan dengan bahan-bahan lainnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Namun maraknya Kandungan Snail Filtrate bagi perawatan kulit yang cukup tersohor di Korea tampaknya belum terlalu banyak digunakan oleh produk-produk perawatan kulit di Indonesia.

Artis Amanda Manopo membidik peluang itu dengan membuat brand lokal yang menggunakan kandungan baik dari Snail Filtrate dengan brand Skin Soul body lotion by Amanda Manopo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro