Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau PDKT Tapi Cemas? Ini Cara Meredakannya

Kecemasan bisa meningkatkan rasa waspada terhadap orang lain. Bagaimana cara meredakan rasa cemas saat sedang PDKT?
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 28 September 2022  |  12:00 WIB
Mau PDKT Tapi Cemas? Ini Cara Meredakannya
Cemas saat sedang kencan - hipnoterapi.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjalin hubungan pendekatan (PDKT) dengan seseorang akan terasa sangat menyenangkan. PDKT juga juga menjadi momen ini untuk mengenali kepribadian satu sama lain.

Namun, apa jadinya jika kamu mengalami kecemasan saat menjalani PDKT? Apakah ini menjadi tanda yang wajar?

Apa yang terjadi jika PDKT dan kencan dilanda kecemasan?

1. Menganalisis Segalanya

Kecemasan bisa meningkatkan rasa waspada terhadap orang lain. Kamu akan menganalisis bahasa tubuh, nada, dan ucapan teman kencan secara berlebihan. Misalnya, jika mereka mengucapkan selamat tinggal dengan nada sinis, maka kamu akan mengira mereka marah atau tidak menyukai Anda sama sekali.

2. Selalu Dibayangi Ketakutan Terburuk

Kamu akan selalu memikirkan skenario terburuk. Kamu mungkin tidak berharap teman kencanmu selalu mengirimi pesan sepanjang hari. Namun, jika mereka tidak aktif sama sekali seperti biasanya, maka kamu akan langsung berpikir ke skenario terburuk.

Ini dapat menyebabkan masalah dalam hubungan, ketika kamu terlalu protektif dan fokus pada kemungkinan-kemungkinan yang belum tentu terjadi.

3. Selalu Minta Kepastian

Kamu selalu mendambakan kepastian bahwa semuanya baik-baik saja. Bagi kebanyakan orang, tidak bertengkar dengan pasangannya sepanjang waktu adalah tanda bahwa hubungan itu sehat. Namun, tidak bagi kamu yang berkencan diiringi dengan kecemasan karena kamu butuh diyakinkan oleh teman kencanmu atas seluruh kekhawatiran.

4. Takut Bertemu Kerabat/Keluarganya

Bertemu orang baru selalu membuat kamu kewalahan ketika memiliki kecemasan. Kamu akan sangat memperhatikan setiap kata-kata, penampilan, dan tindakan di depan mereka.

Cara Meredakan Kecemasan Saat PDKT

1. Grounding Techniques

Grounding Techniques adalah teknik khusus yang bertujuan untuk mengurangi intensitas emosi dan trauma dengan mengalihkan panca indera, serta menjauhkan diri dari pikiran negatif, trauma masa lalu, atau emosi yang mengganggu secara psikologis.

2. Tanamkan Perspektif dan Pola Pikir yang Baik

Hal buruk terkait kecemasan adalah sering merasa semua akan berakhir dengan buruk. Ingatlah bahwa semua yang kamu pikirkan belum tentu terjadi, bahkan mungkin tidak akan pernah terjadi.

3. Komunikasi

Menyembunyikan rasa cemas saat berkencan hanya akan memperburuk keadaan. Kamu tidak perlu mengungkapkannya kepada pria yang baru saja ditemui.

Namun, jika sudah berkencan beberapa kali, maka kamu bisa perlahan menjelaskan bagaimana kecemasan kerap kali timbul. Ini memungkinkan teman kencan kamu untuk terbuka juga tentang dirinya sehingga kamu tidak takut hal buruk akan terjadi.

4. Mencari bantuan

Tidak perlu malu mencari bantuan untuk mengatasi kecemasan, baik kamu menemui terapis atau minum obat. Terapi dapat membantu kamu menantang pikiran di lingkungan yang aman, mengeksplorasi potensi penyebab kecemasan, dan menemukan mekanisme koping yang sehat.

5. Yakinkan Diri Sendiri

Kamu tidak segera membalas pesan seseorang karena sedang sibuk, lelah, atau tidak sadar sudah dibalas. Ini bisa kamu terapkan pada teman kencanmu. Jika mereka tidak segera membalas pesanmu, maka mungkin mereka sedang sibuk, lelah, atau tidak sadar saja.

6. Kurangi Pikiran atas Pendapat Orang Lain

Penting untuk mengingat bahwa orang lain tidak benar-benar memikirkan kamu sebanyak yang dikhawatirkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kencan pasangan cemas
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top