Penjual durian di Pasar Kuto Palembang memilih buah kepada pelanggan./Bisnis.com-Abdurachman
Travel

Tips Pilah-pilih Duren di Pasar Durian Kuto Palembang

Aziz Rahardyan
Senin, 3 Oktober 2022 - 02:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tatkala berkesempatan jalan-jalan ke Kota Palembang, selain berburu pempek, ada baiknya mencicip sensasi "belah duren" di Pasar Durian Kuto. 

Kawasan yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata kuliner Palembang ini terbilang legendaris dan telah ada sejak 80-an. Bahkan, mayoritas pelapak telah berjualan secara turun-temurun. 

Tim Jelajah BUMN 2022 Bisnis Indonesia berkesempatan singgah di Pasar Durian Kuto dalam perjalanan darat menuju Tanjung Enim, Muara Enim, Sumatra Selatan, untuk menjalani tugas mengunjungi PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) beberapa waktu lalu. 

Kendati Tim baru sampai ke kawasan Slamet Riady, Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur II itu jelang tengah malam hari, tak menjadi masalah karena Pasar Durian Kuto terus buka selama 24 jam. Bahkan, stok durian akan terus ada walaupun sedang tak musim panen. 

Salah satu pelapak durian 'Barokah' menjelaskan mayoritas pasokan berasal dari wilayah Sumatra Selatan, seperti Lahat, Tebing Tinggi, juga Belitang. Apabila masih kurang, ada pula pasokan dari Bengkulu, Padang, bahkan sampai Medan. 

"Semua bisa dicoba dulu sesuai selera. Mau yang manis, atau lebih suka yang rasanya kuat dan sedikit manis, semua ada. Kalau tidak cocok pun bisa tukar," ujarnya sembari memilah durian yang cocok untuk Tim Jelajah BUMN 2022 yang beranggotakan 4 orang.

Sembari duduk santai di tengah semerbak aroma durian yang turut menyelimuti perbincangan kami, muncul celetukan dari pengunjung semeja bernama Tri (32) soal tips berburu di Pasar Durian Kuto. 

Kendati berdomisili di Ibu Kota, sama dengan kami, istri Tri merupakan orang asli Sumatra Selatan. Tak heran, Tri sudah hafal betul cara mendapatkan durian terbaik di Pasar Durian Kuto, apalagi ketika malam hari. 

"Kalau sepi begini, apalagi rombongan seperti kalian, menyebar dulu saja, lihat-lihat mana penjual mau buka duriannya, alias pamer barang terbaiknya. Aroma wangi menggoda yang tercium dari durian itu bisa jadi patokan. Baru kemudian tanya harga," ungkap Tri. 

Secara umum, harga setiap 'raja buah' di Pasar Durian Kuto beragam, mulai dari Rp20.000 sampai Rp65.000 tergantung ukuran. Rombongan pelahap durian berjumlah banyak biasanya diuntungkan, karena setiap durian yang dibuka akan dihitung dengan harga rata-rata. 

Jangan malu untuk mengintip dan mencicip secuil daging terlebih dahulu sebelum memutuskan mengambil suatu durian, karena Pasar Durian Kuto terbilang lengkap dalam mengakomodasi segala macam selera durian idaman dari para pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro