Menkes menyarankan kepada orang tua untuk memeriksakan kesehatan ginjal anak, khususnya bagi anak yang mengonsumsi obat yang tercemar etilen glikol./ilustrasi
Health

Menkes: Periksalah Anak yang Sudah Konsumsi Obat Sirop Mengandung Etilen Glikol

Widya Islamiati
Jumat, 21 Oktober 2022 - 21:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyarankan kepada orang tua untuk segera memeriksakan kondisi anak yang sempat mengonsumsi obat sirop yang tercemar etilen glikol.

Sebelumnya, BPOM mengumumkan ada 4 obat sirop yang menggunakan etilen glikol melebih ambang batas aman. Ada dugaan bahwa kandungan obat tersebut menjadi salah satu pemicu gangguan ginjal akut pada balita.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika anak sudah terlanjur mengonsumsi obat yang mengandung etilen glikol dan dietilen glikol?

Saat ditemui mengenai hal ini, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyarankan agar orang tua segera diperiksakan kondisi anak ke dokter. Menurutnya dokter akan memberikan instruksi sesuai keadaan pasien.

"Langsung ke dokter, yang paling gampang konsultasi ke dokter terdekat, nanti dokter akan instruksikan, karena kondisi masing-masing anak berbeda-beda, nah keputusan ada ditangan dokter," saran Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers pada Jumat (21/10/2022).

Selain itu, Menkes juga menghimbau masyarakat untuk tidak panik dengan merebaknya kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak ini dan menyarankan untuk tidak sembarangan mengonsumsi obat.

"Masyarakat tidak perlu panik, kalau sakit, konsultasi ke dokter, mereka adalah orang yang tepat, jangan sembarangan minum obat tanpa konsultasi ke dokter," tutur Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Terbaru, perkembangan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal ini, per Jumat (21/10/2022) mencapai 241 kasus dengan angka kematian akibat penyakit ini mencapai 133 kasus atau 55 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro