Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

8 Tips Mengatasi Kerusakan Rambut

Menjaga kesehatan rambut merupakan hal yang perlu untuk dilakukan, mengingat rambut  diibaratkan sebagai mahkota.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 26 Oktober 2022  |  12:32 WIB
8 Tips Mengatasi Kerusakan Rambut
Tips merawat rambut agar tidak rusak dan kering - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masalah yang sering dijumpai oleh sebagian orang adalah rambut rusak. Simak dan ketahui tips untuk mengatasi kerusakan rambut.

Kerusakan rambut dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti stres, panas, penggunaan shampo yang salah dan sejumlah hal yang mendasarinya lainnya.

Menjaga kesehatan rambut merupakan hal yang perlu untuk dilakukan, mengingat rambut  diibaratkan sebagai mahkota. Tentunya manusia menginginkan untuk memiliki mahkota yang  menawan.

Melansir Healthline, Rabu (26/10/2022), kondisi rambut yang tidak sehat ditandai dengan adanya rambut rontok, rambut yang kusut, rambut bercabang, dan rambut kasar.

Berikut 8 tips untuk mengatasi kerusakan rambut:

1. Hindari panas berlebih

Terkena panas matahari secara langsung, suhu panas yang tinggi dari pengering dan pengeriting rambut dapat menjadi salah satu pemicu kerusakan rambut.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa penggunaan alat pengering dan pengeriting rambut dalam suhu panas yang tinggi dapat berisiko merusak kutikula.

2. Jadwal keramas yang rutin

Menurut American Academy of Dermatology Associations, manusia perlu memiliki jadwal untuk mencuci rambut atau keramas. Terlebih jika rambut Anda berminyak, disarankan untuk lebih sering mencuci rambut.

Namun, seiring bertambahnya usia, kulit kepala  menghasilkan lebih sedikit minyak, jadi disarankan untuk tidak perlu berkeramas sesering mungkin.

3. Gunakan shampoo yang sesuai keadaan rambut

Pilihlah sampo dan kondisioner yang mengandung khasiat atau memiliki formulasi yang sesuai untuk jenis rambut Anda.

Sebagai contoh jika Anda memiliki rambut yang habis diwarnai, maka gunakan sampo yang dirancang untuk rambut yang diwarnai. 

4. Tutupi  rambut saat berenang

Lindungi rambut pada saat berenang. Air kolam memungkinkan memiliki kandungan yang dapat merusak rambut.

Untuk itu, gunakan penutup kepala atau topi renang yang pas dan gunakan sampo perenang yang diformulasikan khusus. Kemudian gunakan juga kondisioner setelah berenang untuk menggantikan kelembapan yang hilang.

5. Hindari stres berlebih

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara stres dan rambut rontok. Bahkan stres dapat menyebabkan kerusakan rambut yang ekstrim.

6. Pola makan sehat

Menurut sebuah studi, disimpulkan bahwa nutrisi tertentu yang terkandung dalam makanan yang dikomsumsi oleh manusia dapat membantu rambut menyehatkan rambut.

Oleh karena itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan  zat besi , dan asam folat dalam porsi makan harian Anda. Selain itu, protein dan antioksidan yang ditemukan dalam makanan nabati juga dapat menjaga rambut bebas dari kerusakan.

7. Gunakan masker rambut

American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan untuk menggunakan masker rambut untuk merawat rambut agar terhindar dari gejala-gejala rambut rusak.

8. Hindari terlalu sering mewarnai rambut

Pengeritingan dan pewarnaan yang terlalu sering dalam kurun waktu yang dekat dapat berpotensi merusak rambut.

Sebuah studi menyebutkan bahwa pewarna rambut permanen  yang terkena kulit kepala  berpotensi menyebabkan dermatitis kontak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rambut rambut rontok perawatan rambut shampo
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top