Operasi katarak gratis
Health

Jenis-jenis Operasi Katarak

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 26 Oktober 2022 - 20:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gangguan penglihatan masih menjadi permasalahan utama yang ada di Indonesia. Gangguan penglihatan ini sebagian besar diakibatkan oleh penyakit katarak yang ada pada masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan Data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang melakukan Survei Kebutaan Rapid Asssesment of Avoidable Blindness (RAAB) Tahun 2014 & 2016 terhadap masyarakat Indonesia usia populasi 50 tahun ke atas, diketahui bahwa angka kebutaan mencapai 3% dan katarak merupakan penyebab tertinggi kebutaan tersebut.

Berdasarkan data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), dengan populasi pada tahun 2017 terdapat 8 juta orang dengan gangguan penglihatan dan 81,2% dari jumlah tersebut mengalami penyakit katarak.

Dikutip dari laman Perdami, katarak adalah suatu jenis penyakit pada mata karena lensa mata menjadi keruh sehingga menghalangi cahaya yang masuk. Penglihatan penderita katarak menjadi terganggu dan bahkan bisa menjadi buta bila semakin parah dan tidak ditangani secara baik.

Pada umumnya katarak disebabkan oleh faktor utama yaitu proses degeneratif atau bertambahnya usia. Selain usia yang sudah senja penyakit katarak pun bisa disesabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah katarak traumatic yang disebabkan oleh riwayat trauma atau cidera pada mata, kemudian katarak sekunder yang disebabkan oleh penyakit atau gangguan metabolisme dan lain-lain.

Selanjutnya katarak yang disebabkan oleh paparan sinar radiasi dan sinar UV yang langsung pada mata dalam waktu yang lama, katarak yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan jangka panjang seperti kortikosteroid. Serta katarak congenital yang dipengaruhi oleh faktor genetik.

Pengobatan katarak dilakukan melalui operasi. Setidaknya, ada 4 macam jenis operasi katarak sebagai berikut:

1. Phacoemulsification  

Pada teknik ini, dokter akan menghancurkan lensa mata pasien menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi. Dokter akan membuat sayatan kecil pada bola mata, lalu memasukkan alat yang mampu mengeluarkan gelombang suara ultra ke dalam lensa.

Dari situlah, lensa akan akan hancur dengan sendirinya. Sehingga dokter bisa mengangkat dan menggantinya dengan IOL. Teknik ini merupakan metode yang lebih aman dibandingkan dengan operasi katarak ECCE (ekstrakapsular). Metode ini dianggap sebagai standar modern prosedur bedah katarak. 

2. Intrakapsular

Umumnya, teknik ini mempunyai tingkat keberhasilan yang besar. Dalam teknik intrakapsular, dokter akan membuat sayatan besar untuk mengangkat seluruh lensa bersama kapsulnya dari mata. Kemudian, dokter akan memasangkan IOL persis di area lensa sebelumnya.

3. Ekstrakapsular

Kebalikan dari intrakapsular, dalam teknik operasi ekstrakapsular, dokter akan menghancurkan lensa mata dan mengangkat seluruhnya. Namun, kapsul di belakang lensa dibiarkan untuk menempatkan lensa yang baru. Biasanya dokter mengaplikasikan teknik ini pada pasien dengan katarak yang lumayan padat, sehingga proses penghancurannya lebih sulit.

4. Operasi Katarak Laser (Femtosecond Laser-Assisted Cataract Surgery)

FLACS/Operasi Katarak dengan laser merupakan terobosan operasi katarak tercanggih menggunakan laser femtosecond dengan tingkat akurasi yang tinggi, yang menjalankan keseluruhan proses operasi katarak menggunakan sinar laser, tanpa pisau bedah. Teknik ini merupakan evolusi operasi katarak yang paling canggih saat ini.

Tidak semua rumah sakit atau klinik mata di Indonesia yang memiliki teknologi operasi katarak Femtosecound Cataract Surgery, karena harga teknologi yang masih mahal.

Operasi katarak moderen baik menggunakan teknologi Fakoemulsifikasi dan Femtosecound Cataract Surgery, memberikan hasil operasi yang optimal, tidak hanya dalam hal pemberantasan kebutaan katarak, tapi juga peningkatan kualitas hidup.

Dengan tingginya kasus dan mahalnya biaya operasi, banyak program CSR yang memberikan layanan operasi katarak gratis bagi masyarakat tidak mampu, salah satunya seperti ERHA.

Andreas Bayu Aji, Chief Corporate Affairs Arya Noble, Induk usaha dari ERHA mengatakan mereka bertujuan membantu masyarakat yang tadinya tidak bisa melihat menjadi bisa melihat kembali sehingga orang yang tadinya terhalang karna kebutaan dapat menjadi produktif dan bisa bekerja sehingga meningkatkan perekonomian dalam hidupnya.

ERHA bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh dan Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru mengadakan kegiatan Operasi Mata Katarak Gratis bagi masyarakat yang berada di Provinsi Riau. Operasi Mata Katarak Gratis ini bertujuan untuk membantu program Pemerintah dalam pengentasan penyakit mata katarak di Indonesia.

"Program Operasi Katarak Gratis untuk Masyarakat Provinsi Riau ini merupakan sebuah komitmen kami dari ERHA di bidang Kesehatan, khususnya dalam penanganan buta katarak di Indonesia," papar Andreas.

dr Gilang selaku Kepala Pengembangan Fasilitas Pelayanan Kesehatan RS Awal Bros Pekanbaru menerangkan sebanyak 284 penderita katarak yang berasal dari Provinsi Riau telah berhasil dioperasi dalam kegiatan itu

ERHA sendiri telah melakukan program Operasi Katarak Gratis ini telah dilakukan semenjak tahun 2012. Lebih dari 20.000 mata katarak telah di operasi yang tersebar mulai dari Pulai Sumatera, Jawa, Kalimantan, Papua, Bali, NTB, NTT dan daerah lain yang persebaran kataraknya sangat tinggi di Indonesia.

Tahun 2022, sudah ada 1.911 orang dioperasi katarak mulai dari dari pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara Timur dan Papua. Rencananya, tahun depan ada 1.000 orang lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro