ilustrasi obat wasir
Health

Ini Bahaya Wasir dan Obat Herbal Yang Bisa Dikonsumsi untuk Kesembuhannya  

MG Noviarizal Fernandez
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 11:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wasir yakni suatu kondisi pembengkakan pembuluh darah di dalam atau sekitar anus yang mengakibatkan rasa tidak nyaman saat duduk. Istilah lain yang lebih umum dikenal dengan ambeien.

Penderita, umumnya menemukan gumpalan daging di daerah anus. Akibatnya, pengidap wasir akan mengalami rasa sakit saat buang air besar, menemukan bercak darah di tinja, serta terasa gatal dan iritasi di sekitar anus.

Kondisi tersebut jika tidak cepat diatasi, rasa sakit akan semakin parah karena pasien kemungkinan memerlukan tindakan bedah untuk menghilangkan tonjolan di anus.

Dampaknya berbahaya jika diabaikan, karena dapat mengakibatkan anemia, pendarahan terus-menerus yang mengancam jiwa, terputusnya aliran darah dan oksigen, serta komplikasi kesehatan lainnya.

Ahli Gizi Independen, Ulfah Mahardika Pramono Putri, mengetakan bahwa kurangnya asupan serat merupakan salah satu penyebab seseorang menderita wasir. Padahal serat berfungsi merangsang aktivitas usus untuk mengeluarkan feses secara teratur.

"Konsumsi serat yang rendah akan menyebabkan sembelit karena feses yang keras sulit dikeluarkan dari sistem pencernaan," tambahnya.

Meski begitu, wasir dengan tingkat keparahan ringan maupun sedang dapat ditangani melalui beberapa cara seperti memperbanyak mengkonsumsi makanan, buah atau sayuran alami yang banyak mengandung serat maupun suplemen herbal, secara rutin.

"Serat mempermudah proses buang air besar dan melunakkan tinja, sehingga kita tidak perlu mengejan lebih kuat. Kalau kita mengejan lebih kuat, kita berisiko terkena wasir," ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik Nutrif Clinic & Nutrif Farma Bandung, L. Arif Firiandri Yulius.

Menurutnya buah-buahan seperti apel, pir, jeruk, dan pepaya dan sayuran seperti selada, timun, dan tomat merupakan sumber kaya serat.

Bagus Arigunanto, Product Manager Nutrafor Wazzir, PT Novell Pharmaceutical Laboratories, perusahaan farmasi yang memperkenalkan obat herbal untuk mengurangi gejala wasir menyatakan, selain dengan buah asli, mengkonsumsi obat herbal secara rutin juga dapat membantu mengatasi bahaya wasir. 

Menurutnya, salah satu obat herbal yang bisa dikonsumsi tersebut adalah Nutrafor Wazzir, yang mengandung komposisi sinergi tiga kandungan alami yang berguna sebagai anti infeksi dan kandungan lainnya yang berfungsi mengempiskan wasir.

"Ada kandungan ekstrak citrus sinensis yang berguna untuk mengobati wasir akut. Bahan ini mengandung vitamin C yang memperkuat dinding pembuluh darah anus. Mengandung serat yang membantu melunakkan feses, daun ungu turut mengurangi peradangan dan nyeri pada anus," ujarnya seperti dikutip, Sabtu (29/10).

Kemudian, lanjut dia, ada daun iler yang dapat membantu mengurangi peradangan luka wasir dan membantu proses penyembuhan wasir. Selain itu ada juga daun pegagan memiliki kandungan anti infeksi yang dapat mempercepat untuk meredakan rasa nyeri. "Nutrafor Wazzir hadir dengan kandungan herbal lengkap tanpa efek samping, yang membantu meringankan gejala wasir dan meringankan gangguan peredaran darah di kaki atau varises," ujarnya.

Bagus menegaskan bahwa keempat kandungan tersebut termasuk ekstrak alami, sehingga lebih aman dikonsumsi. "Suplemen herbal berbentuk kapsul yang juga mengandung serat ini diproduksi dengan standar internasional dan dapat dikonsumsi setiap hari untuk jangka panjang," ujarnya.

Pasalnya, tambah dia, rendahnya asupan serat dapat menimbulkan wasir yang resikonya besar bila tidak diobati, seperti operasi, bahkan komplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro