Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin dosis ketiga kepada warga di Denpasar, Bali, Selasa (14/6/2022). Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengimbau masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau penguat (booster) sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Health

Kasus Covid-19 Melonjak, Berikut Rekomendasi IDI

Widya Islamiati
Kamis, 3 November 2022 - 19:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah melandai dalam beberapa waktu terakhir pada tahun 2022, kini kasus Covid-19 kembali mengalami lonjakan. Data per Rabu (2/11/2022) kasus Covid-19 di Indonesia kini sudah mencapai 4.873 kasus.

Tercatat, dalam dua minggu terakhir lonjakan kasus dalam satu hari bisa mencapai dua kali lipat dari semula yang cukup stabil. Angka kematian akibat Covid-19 juga demikian, mengalami peningkatan hingga dua kali lipat selama dua minggu terakhir.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 PB IDI, dr. Erlina Burhan menyebut hal ini disinyalir karena melonggarnya protokol kesehatan di masyarakat. 

"Jadi mungkin karena belakangan kasus semakin menurun lalu lupa melindungi mereka dan betul juga barangkali karena aktivitas kehidupan, sekarang sudah nyaris normal orang lagi berkumpul beramai-ramai kegiatan rapat ke offline di mana-mana dan lupa dengan protokol kesehatan," ungkap dr. Erlina Burhan dalam media briefing daring pada Kamis (3/11/2022).

PB IDI menyikapi tren peningkatan kasus Covid-19 tersebut dengan mengeluarkan rekomendasi yang disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Covid-19 PB IDI, dr. Erlina Burhan dalam media briefing daring pada Kamis (3/11/2022).

Berikut rekomendasi IDI menanggapi tren kenaikan kasus Covid-19:

Untuk pemerintah

  • Antisipasi tendensi kenaikan kasus, terutama menjelang libur Nataru
  • Meningkatkan cakupan vaksinasi booster
  • Memperbaiki distribusi logistik untuk obat dan vaksin
  • Menggalakkan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Untuk masyarakat:

  • Silakan beraktivitas namun tetap menjaga protokol kesehatan 
  • Bila bergejala, periksakan diri agar diketahui status penyakit, sehingga bisa menentukan sikap untuk saling melindungi
  • Masyarakat dengan komorbid agar berhati-hati, terutama bila berinteraksi dengan banyak orang di keramaian
  • Segera menjalani vaksinasi booster
  • Melakukan PHBS dalam keseharian

Untuk tenaga kesehatan:

  • Lakukan edukasi yang terus menerus tentang pencegahan Covid-19 
  • Menjaga kesehatan pribadi agar tidak terinfeksi Covid-19, agar tetap bisa memberikan pelayanan kesehatan sebagaimana biasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro