Ilustrasi konser
Entertainment

Jumlah Pengunjung Event Offline Tahun 2022 Naik 2,5 Kali Lipat

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 9 November 2022 - 11:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun 2022 ditandai sebagai tahunnya event bersinar lagi. Kenyamanan pengunjung dalam event pameran, konser, olahraga, festival kuliner dan acara lainnya perlu mendapat perhatian khusus.

GOERS, start-up di bidang experience yang memproses tiket untuk berbagai acara, mencatat jumlah pengunjung event meningkat hampir 2,5x lipat pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.

Dengan menggeliatnya kembali perhelatan acara di Indonesia, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengingatkan seluruh pelaku event untuk terus mematuhi CHSE Cleanliness (kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keselamatan) dan Environment Sustainability (Keberlanjutan Lingkungan).

Nugroho dari Barcode Organizer mengungkapkan salah satu cara menjaga protokol kesehatan dalam penyelenggaraan event secara teknologi.

“Event organizer (EO) wajib menyusun detil alur penikmat acara, mulai dari proses booking hingga event selesai diadakan. Kami juga wajib memastikan bahwa event berlangsung sesuai kaidah CHSE yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan bantuan teknologi.” ujarnya.

Dia memaparkan, teknologi bisa digunakan untuk promosi event, penjualan tiket dan pengaturan kuota sesuai dengan kapasitas venue.

"Dengan mengetahui jumlah pengunjung real time, pengelola event dapat menerapkan sistem peringatan dini dan melakukan langkah mitigasi lainnya, jika dibutuhkan,” lanjut Nugroho.

Sammy Ramadhan, Co-founder & CEO, GOERS mengatakan di GOERS mereka mengembangkan fitur-fitur mutakhir mulai dari menghadirkan manajemen ticketing digital untuk mengurangi penjualan tiket palsu hingga sistem check-in yang contactless, hingg menghadirkan teknologi crowd control guna mencegah over kapasitas.

"Teknologi GOERS memiliki sistem indikasi yang menunjukan jumlah pengunjung secara real-time dan akurat. Kami memutakhirkan fitur ini untuk membantu pengelola mewujudkan perhelatan yang aman dan nyaman,” kata Sammy.

Selain mencegah over kapasitas, GOERS juga menghadirkan manajemen ticketing digital dengan solusi terintegrasi, seperti marketing dan penjualan tiket online, hingga rekonsiliasi data yang akurat dan efisien. Ada juga fitur analitik untuk memberikan insight bagi pengelola event.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro