Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Cara Menunda Menstruasi Secara Alami, Tanpa Pil

Ladies, begini cara menunda menstruasi secara alami tanpa minum pil yang aman.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 16 November 2022  |  16:31 WIB
Cara Menunda Menstruasi Secara Alami, Tanpa Pil
Cuka apple atau apple cider vinegar - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat akan melakukan kegiatan keagamaan seperti perjalanan yang memakan waktu lama, ataupun aktivitas berat seperti mendaki gunung, sangat menyebalkan jika menstruasi tiba-tiba saja datang. 

Menstruasi sebenarnya bisa ditunda secara alami, bahkan tanpa menggunakan pil. Meskipun memang, penggunaan pil yang diresepkan oleh dokter lebih efektif dalam menunda menstruasi.

Berikut ini cara menunda menstruasi secara alami berdasarkan Timesofindia dan Healthline.

1. Menggunakan cuka apel

Cuka apel bisa menjadi senjata untuk menunda menstruasi. Caranya dengan mengonsumsi cuka apel yang dilarutkan sebanyak satu sendok perhari, selama 10 hingga 12 hari sebelum tanggal menstruasi. 

Selain kandungannya bisa tunda menstruasi, cuka apel juga dapat membantu mengatasi kembung dan kram yang parah.

2. Mustard atau biji sawi 

Mengonsumsi biji sawi atau mustard yang direndam dalam air susu semalaman dapat membantu menunda menstruasi jika diminum setiap hari selama seminggu sebelum datangnya menstruasi. Biji sawi ini juga kaya akan berbagai nutrisi.

3. Air jeruk nipis

Asam dalam air jeruk nipis juga sama seeprti asam dalam cuka sari apel, jika dikonsumsi dengan air hangat, seminggu sebelum tanggal menstruasi, dapat menunda menstruasi datang.

Air jeruk nipis juga dapat membantu meringankan komplikasi menstruasi serta melancarkan peredaran darah.

4. Bubuk gelatin

Bubuk gelatin  juga dipercaya bisa menunda menstruasi. Caranya dengan Menyeduh bubuk gelatin dalam air hangat. Meskipun belum ada penelitian yang membahas hal ini, tetapi bubuk gelatin dapat digunakan sebagai bahan untik menunda menstruasi selama berjam-jam.

5. Kacang lentil 

Sebuah laporan menunjukkan jika mengonsumsi lentil dapat menunda menstruasi. Caranya dengan menggoreng lentil hingga lunak lalu menghitungnya hingga menjadi bubuk halus. 

Setelah itu, lentil dapat dikonsumsi dengan cara dijadikan sup ataupun smoothie. Konsumsi bubuk lentil ini secara teratur untuk menunda menstruasi. 

6. Beraktivitas fisik yang banyak 

Olahraga berlebihan menunda menstruasi. Orang-orang dengan aktivitas fisik yang berat akan menyadari bahwa hal tersebut dapat membuat menstruasi menjadi tidak tepat waktu.

Penyebabnya bisa jadi akibat ketersediaan energi yang rendah. Ketika tubuh menggunakan lebih banyak energinya untuk berolahraga dan memulihkan diri, mungkin tidak ada lagi cadangan energi untuk memenuhi siklus menstruasi.

Inilah alasan mengapa atlet profesional sering kehilangan periode menstruasi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menstruasi Bahan Alami Minyak Alami
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top