Begini Cara Cek BPOM, Untuk Mengetahui Produk Aman atau Tidak (BPOM) (1)
Health

Cara Cek BPOM Online dengan Mudah, Agar Tahu Aman atau Tidak

Nuraini
Jumat, 18 November 2022 - 18:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa waktu terakhir ditemukan obat sirup yang menyebabkan banyak anak-anak gagal ginjal. Berkaca dari kasus tersebut, maka sebaiknya saat membeli obat, kosmetik, minuman, atau makanan, cek BPOM terlebih dahulu.

Namun, bagaimanakah cara mengecek nomor BPOM pada obat, kosmetik, makanan, maupun minuman? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Nomor Izin Edar BPOM?

Badan Pengawas Obat dan Makan atau BPOM adalah badan yang bertugas mengawasi peredaran obat, makanan, dan minuman sesuai dengan peraturan yang berlaku. Badan ini berhak mengeluarkan izin edar produk yang masuk dalam kategori obat, kosmetik, makanan, maupun minuman.

Produk yang sudah lulus BPOM akan mendapatkan nomor izin edar. Nomor tersebut berisi serangkaian angka dan huruf yang didalamnya terdapat identitas produk, seperti; nama perusahaan, tempat produksi, nomor urut produk, dan lain sebagainya.

Nomor izin edar tersebut biasanya ditemukan pada kemasan. Nomor ini bisa dicek dengan mudah, bahkan masyarakat umum memiliki akses untuk cek no BPOM ini dengan mudah.

Bagaimana Cara Mengecek BPOM Online?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara cek nomor BPOM bisa dilakukan seluruh masyarakat. Bahkan, pengecekan nomor izin edar ini bisa dilakukan secara online. Berikut beberapa cara pengecekan nomor BPOM dengan mudah dan cepat.

Cara Cek BPOM via Website Resmi

Cara untuk cek produk BPOM yang pertama yaitu lewat website resmi BPOM. Cara ini cukup mudah dilakukan, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka browser pada laptop atau ponsel yang Anda gunakan, kemudian akses web cekbpom.pom.go.id.

2. Di halaman utama, pilih kategori pada kolom “Cari Berdasarkan”. Anda bisa mencari berdasarkan nomor registrasi, nama produk, brand, jumlah dan kemasan, dan lain sebagainya.

3. Apabila Anda ingin mencari berdasarkan nomor registrasi, silakan masukkan nomor registrasi produk yang akan dicari pada kolom “Kata Kunci”.

4. Lalu, klik “Cari” dan tunggu beberapa saat.

5. Jika produk tersebut terdaftar, maka akan muncul pada layar. Sedangkan jika tidak terdaftar, maka akan muncul keterangan “Data Tidak Ditemukan”.

Cara Cek BPOM via Aplikasi Cek BPOM

Selain cek BPOM kosmetik, obat, makanan, atau minuman lewat website, Anda juga dapat mengecek nomor izin edar produk melalui aplikasi Cek BPOM. Adapun cara cek BPOM skincare maupun produk lain melalui aplikasi ini, seperti berikut:  

1. Unduh aplikasi Cek BPOM dan pasang pada ponsel yang Anda gunakan.

2. Buka aplikasi tersebut.

3. Kemudian, pilih kategori yang akan diinginkan.

4. Masukkan kata kunci, lalu klik “Cari”.

5. Tunggu beberapa saat sampai hasilnya muncul.

Mengapa Izin BPOM Penting?

Izin edar BPOM menjadi hal yang penting diperhatikan, baik bagi konsumen maupun produsen. Terdapat sejumlah alasan pentingnya izin BPOM, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kualitas dan keamanan produk terjamin

Izin BPOM menjadi penjamin kualitas dan keamanan produk. Hal tersebut dikarenakan BPOM turut mengawasi produk yang beredar. Maka dari itu, saat hendak membeli produk di pasaran, pastikan melakukan cek BPOM terlebih dahulu.

2. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Bagi produsen, izin edar BPOM merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, jika Anda memiliki produk kosmetik, obat, makanan, atau minuman, segeralah untuk mengurus perizinan BPOM.

Demikian penjelasan seputar cara cek BPOM dengan mudah dan alasan penting izin edar dari BPOM. Cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu, maupun produk lainnya perlu dilakukan sebelum membelinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro