Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Sindrom Kaki Gelisah, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Jika Anda selalu tidak bisa mengontrol menggerakkan kaki tanpa sadar, bisa jadi Anda mengalami sindrom kaki gelisah.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 23 November 2022  |  12:10 WIB
Apa Itu Sindrom Kaki Gelisah, Penyebab dan Cara Mengobatinya
Sakit kaki - boldsky
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika melihat seseorang yang kakinya tidak bisa diam saat melakukan sesuatu yang mengharuskan dia untuk diam seperti berbaring saat akan tidur, bisa jadi dia alami sindrom kaki gelisah atau Restless legs syndrome.

Mengutip laman Mayoclinic, sindrom kaki gelisah merupakan suatu kondisi saat kaki mendapatkan dorongan tak terkendali untuk bergerak, umumnya karena adanya sensasi yang tidak nyaman. 

Bisanya menyerang saat sore atau malam hari, ketika seseorang berhenti beraktivitas dan mencoba tidur, ketidaknyamanan kemudian datang dan bergerak akan meredakan perasaan tersebut.

Apa yang menyebabkan timbulnya sindrom kaki gelisah?

Penyebab utama sindrom kaki gelisah hingga saat ini belum diketahui secara pasti, namun peneliti menduga hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan dopamin kimia otak, yang mengirimkan pesan untuk mengontrol gerakan otot.

Selain itu, sindrom kaki gelisah bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti faktor keturunan, jika sindrom ini muncul sebelum penderita berusia 40 tahun. Lalu bisa jug adisebabkan oleh kehamilan karena adanya perubahan hormonal yang bisa memperburuk gejala sindrom kaki gelisah.

Lalu bagaimana pengobatan sindrom kaki gelisah? 

National Health Service (NHS) UK menyebut, ada beberapa obat-obatan yang bisa meredakan gejala sindrom kaki gelisah, seperti:

  1. Agonis dopamin: Cara kerjanya dengan meningkatkan kadar dopamin, karena biasanya orang dengan sindrom kaki gelisah akan memiliki kadar dopamin rendah.
  2. Obat penghilang rasa sakit: Jika mengalami sindrom kaki gelisah dengan rasa yang menyakitkan, obat ini dapat meredakan rasa sakit yang timbul.
  3. Obat tidur: Karena sindrom kaki gelisah mengganggu tidur, maka obat tidur dapat membantu orang tersebut agar cepat terlelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sindrom paris kaki bengkak pejalan kaki
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top