Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 9 Tips Menjalin Hubungan Bersama Seorang Introvert

Introvert tidak menyukai obrolan basa-basi yang cenderung monoton. Mereka akan lebih tertarik dengan obrolan yang berkualitas
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 26 November 2022  |  14:54 WIB
Simak 9 Tips Menjalin Hubungan Bersama Seorang Introvert
Ilustrasi pasangan serasi - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seorang ekstovert yang mempunyai hubungan dengan pasangan yang introvert, maka ini menjadi tantangan tersendiri. Sebab, keduanya memiliki sifat yang berbeda. 

Dengan adanya perbedaan tersebut, Anda sebagai pasangannya harus mengetahui bagaimana caranya untuk memahami perasaan mereka. Oleh karena itu, simak beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mengetahui secara lebih lanjut sifat pasangan introvert Anda.

Ini 9 hal yang harus Anda pertimbangkan jika Anda berkencan dengan seorang introvert:

1. Buat obrolan yang bermakna

Introvert tidak menyukai obrolan basa-basi yang cenderung monoton. Mereka akan lebih tertarik dengan obrolan yang berkualitas. Mereka berharap dapat mendiskusikan suatu hal secara terbuka daripada hanya menjawab pertanyaan yang dapat diakhiri hanya dengan jawaban satu kata.

Cara ini terbilang mudah, namun sering diabaikan oleh banyak orang. Akibatnya, mereka para extrovert seringkali menganggap orang yang introvert itu tidak menyenangkan dan terkesan kaku.

2. Habiskan waktu di tempat yang menenangkan

Seperti yang diketahui, seorang introvert lebih sensitif terhadap lingkungan atau tempat yang bising dan dipenuhi banyak orang. 

Jangan ajak mereka ke sebuah pesta atau konser, cobalah ajak mereka ke sebuah tempat yang lebih menenangkan.

3. Kendalikan diri 

Tak perlu tergesa-gesa untuk membuat seorang introvert dapat mengimbangi sifat ceriwis Anda. Sebab, hal ini justru akan membuat mereka menjadi ilfil.

Pada umumnya, seorang introvert lebih berhati-hati dengan orang yang akan mereka ajak berkomunikasi. Oleh karena itu, Anda perlu lebih mengendalikan diri Anda ketika hendak berinteraksi dengan mereka.

Mereka suka mengumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum menunjukkan lebih banyak kasih sayangnya kepada orang lain. Jadi, jangan salah paham jika mereka tidak menunjukkan banyak kasih sayang pada saat awal menjalin hubungan.

4. Lebih peka

Mereka membutuhkan seseorang yang dapat merasakan dan mempertimbangkan perasaan mereka. Sebab, introvert umumnya tidak suka memulai suatu hal.

Bukan karena takut, namun mereka merasa harus berhati-hati dalam bersikap untuk menghindari konflik yang dapat terjadi karena hal sepele. Untuk itu Anda harus lebih peka terhadap apa yang sekiranya sedang dirasa dan diinginkan oleh mereka.

5. Beri support

Introvert cenderung terlalu banyak berpikir dan menganalisis suatu hal secara berlebihan. Sulit bagi mereka untuk tetap fokus berada di masa kini, sedangkan pikiran mereka dipenuhi dengan berbagai pikiran dan kekhawatiran.

Sebagai pasangan, Anda harus mendukung mereka dengan baik. Hibur mereka agar dapat sedikit teralihkan dari pikiran dan kekhawatirannya itu.

Mainkan peran Anda sebagai seorang sahabat yang selalu memberikan dukungan kepada mereka. Hal ini dapat membantu mereka lebih tenang dan mereka akan lebih menghargai Anda lebih dari sebelumnya.

6. Perhatikan nada dan penggunaan kata ketika mengobrol

Introvert sangat halus dan perasa, jadi mereka mempunyai perasaan yang lebih sensitif. Mereka dapat dengan mudah tersinggung dengan perkataan yang diucapkan oleh orang lain.

Dengan begitu, perhatikan setiap kata dan nada Anda ketika sedang mengobrol dengan pasangan introvert Anda. Bahkan, terkadang sebuah kata yang dianggap sepele pun dapat memiliki arti penting di baliknya.

7. Hormati ruang mereka

Meskipun mereka mungkin menyukai Anda, introvert juga membutuhkan ruang untuk diri mereka sendiri. Mereka butuh waktu dan tempat  sendiri untuk memulihkan tenaga.

Jadi, penting untuk tidak mengekang dan memaksa mereka untuk selalu berada di sisi Anda. Justru, itu hanya akan menambah tingkat stres mereka dan dapat menyebabkan mereka semakin menghindari Anda.

8. Habiskan waktu berkualitas bersama

Menghabiskan waktu berkualitas dengan seorang introvert itu sangat penting. Meskipun mereka terbilang lebih suka menghabiskan waktu seorang diri, namun mereka juga sebenarnya masih menginginkan untuk dapat berinteraksi dengan pasangannya.

Belajar memanfaatkan waktu yang dihabiskan bersama akan menciptakan ikatan yang lebih kuat.

9. Jangan berasumsi buruk

Selalu ajukan pertanyaan jika berkomunikasi dengan introvert. Mereka mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengungkapkan perasaannya.

Komunikasi bisa saja menjadi hal yang sangat mengerikan bagi seorang introvert. Namun, Bukan berarti mereka tidak mampu mengungkapkan pikirannya. 

Jadilah lebih pengertian, jadi jangan berasumsi buruk dan menganggap mereka tidak memiliki perasaan yang setimpal dengan kasih sayang Anda. Bisa saja mereka malu untuk mengungkapkan perasaan mereka itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips cinta hubungan cinta jatuh cinta pasangan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top