Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sebanyak 20 Orang Meninggal Gara-gara Kesalahan Hasil Tes Covid-19

Karena kesalahan hasil laboratorium covid-19, sebanyak 20 orang meninggal dunia di Inggris.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 01 Desember 2022  |  15:12 WIB
Sebanyak 20 Orang Meninggal Gara-gara Kesalahan Hasil Tes Covid-19
Ilustrasi hasil tes Covid-19 varian Omicron - The Guardian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - United Kingdom Security Agency (UKHSA) atau Investigasi oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris menemukan laboratorium testing Covid-19 yang salah melaporkan hasil testing virus ini. Di Inggris, kasus virus Covid-19 memang sangatlah tinggi.

Mengutip laman Straits Times, kesalahan pelaporan hasil testing Covid-19 itu terjadi antara 2 September dan 12 Oktober tahun 2021 lalu di Laboratorium Immensa di Wolverhampton, Inggris barat-tengah. Sekitar 39.000 orang yang melakukan tes PCR dan menerima hasil testing Covid-19 nya sebagai negatif. Padahal seharusnya hasil tes menunjukkan mereka positif Covid-19.

Akibatnya, banyak orang yang mangkir dari isolasi mandiri karena hasil tes negatif tersebut, meskipun sedang terinfeksi Covid-19. Hingga akhirnya menambah kasus infeksi baru sebanyak 55.000 di daerah tersebut, dan diperkirakan menyebabkan kasus kematian sebanyak 20 kasus.

Penyebab kesalahan hasil tersebut terletak pada pengaturan ambang batas untuk melaporkan hasil positif atau negatif sampel PCR Covid-19 yang salah. Hal ini kemudian ditindaklanjuti oleh UKHSA dengan dilakukan penyelidikan.

Laboratorium Immensa atau Klinik Kesehatan Immensa merupakan klinik kesehatan perusahaan swasta yang dibuka sejak Mei 2020 lalu. Laboratorium ini dilaporkan telah mendapatkan kontrak sebesar £170 juta atau setara dengan $280 juta USD.

Meskipun demikian, belum ada komentar dari Dante Labs pemilik laboratorium tersebut. National Health Service UK kemudian menangguhkan Laboratorium Immensa pada Oktober tahun lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Virus Corona laboratorium inggris
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top