Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa Itu Klitih? Ini Penjelasan Lengkapnya

Klitih adalah tindakan kriminal yang dilakukan remaja. Berikut penjelasan seputar tujuan, penyebab, dampak, hingga cara menghindarinya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  11:16 WIB
Apa Itu Klitih? Ini Penjelasan Lengkapnya
Klitih, Kejahatan Remaja yang Meresahkan Masyarakat (freepik)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun 1990, kejadian kriminal yang melibatkan remaja muncul untuk pertama kalinya. Tahun 2000-an, sering terjadi tawuran antar pelajar di Yogyakarta.

Tahun 2022, tindakan kriminal berupa klitih yang melibatkan antar pelajar juga kembali marak diperbincangkan, bahkan berhasil mencapai trending di Twitter pada bulan Februari lalu. 

Lantas, apa itu klitih, tujuan, penyebab, dan bagaimana cara menghindarinya? Berikut penjelasan lengkapnya. 

Apa Itu Klitih?

Awal mulanya, kata klitih punya makna netral. Di daerah Yogyakarta ada istilah klitih-klitih yang artinya keluyuran atau punya waktu luang banyak. Sedangkan kini, kata klitih malah punya konteks yang negatif.

Ciri-ciri klitih yaitu perilaku melukai orang lain dengan sengaja. Klitih dilakukan oleh sekelompok pelajar yang berkeliling untuk mencari pelajar sekolah lain yang dianggap musuh. Pelaku melakukan klitih bukan tanpa alasan, melainkan dengan tujuan khusus.

Tujuan Klitih

Klitih dilakukan oleh sekelompok pelajar yang mencari pelajar dari sekolah lain yang dianggap musuh. Pelaku klitih cenderung ingin menunjukkan eksistensi kelompok agar semakin disegani dan ditakuti.

Penyebab Klitih

Pelaku klitih memiliki latar belakang tertentu sehingga tidak segan melakukan tindakan yang melukai orang lain. Klitih dapat dijelaskan melalui teori perkembangan psikososial Erikson bahwa pada rentang usia 10 – 20 tahun, seseorang mengalami tahap perkembangan Identity vs Confusion.

Di tahap perkembangan tersebut, seseorang sedang menghadapi permasalahan dalam menemukan identitas diri tentang siapa dirinya dan kemana mereka pergi dalam hidup. 

Apabila seseorang mampu mengeksplorasi diri dengan cara sehat, maka akan mencapai identitas diri yang positif. Jika tidak, seseorang akan semakin bingung terhadap identitas diri. Klitih adalah hasil dari kegagalan dalam mencapai identitas positif. 

Penyebab klitih dapat diakibatkan oleh pola pertemanan yang tidak sehat karena interaksi dengan teman sebaya dapat membentuk karakter dan kebiasaan seseorang. Selain itu, penyebab klitih bisa juga karena pola pengasuhan orang tua yang memberikan kebebasan penuh kepada anak sehingga menghasilkan karakteristik anak yang berpotensi melanggar norma, seperti perilaku klitih. 

Dampak Klitih bagi Masyarakat

Klitih Jogja bukan satu-satunya kasus kejahatan remaja di Indonesia. Klitih juga ditemukan di daerah lain seperti Klaten dan Magelang. Peristiwa tersebut biasanya terjadi ketika di jalanan sepi dan jarang penduduk. 

Klitih dapat memberi dampak negatif kepada masyarakat dan korban. Beberapa dampak klitih antara lain; 

  • Masyarakat resah.
  • Korban mengalami trauma berat.
  • Korban mengalami luka parah.
  • Korban mengalami kematian.
  • Ketertiban terganggu.
  • Merusak moral generasi penerus.

Cara Menghindari Klitih

Cara mengatasi klitih penting untuk diketahui oleh seseorang, apalagi jika mereka sedang berada atau tinggal di kota yang terkenal dengan klitihnya. Inilah beberapa cara untuk menghindari klitih yang perlu diketahui.

1. Hindari bepergian larut malam ataupun dini hari

Biasanya klitih terjadi ketika hari sudah gelap, bisa malam ataupun dini hari. Jadi, sebaiknya hindari bepergian di larut malam ataupun dini hari untuk mencegah tindak kejahatan. Apalagi saat bulan Ramadhan, sebaiknya persiapkan kebutuhan buka puasa atau sahur sejak siang atau sore hari. 

2. Pergi dengan rombongan

Klitih lebih mudah menyasar pada satu orang. Jadi, ketika bepergian usahakan agar tidak sendiri untuk menghindari tindak kejahatan di jalan. Kalau pergi dengan beberapa orang ataupun rombongan, pelaku klitih akan enggan untuk beraksi.

3. Hindari jalanan yang sepi

Saat bepergian sebaiknya hindari melewati jalan sepi, apalagi kalau di malam hari. Hal ini sebagai cara menghindari klitih karena pelaku enggan beraksi di lingkungan ramai. Selain itu, pergi di jalan yang ramai dapat membantu apabila kejadian buruk menimpa.

4. Hindari tempat rawan

Tahu informasi mengenai tempat yang rawan klitih juga tidak kalah penting untuk menghindari klitih. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu klitih, tujuan, penyebab, dan cara menghindari klitih yang perlu diketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Klitih kejahatan yogyakarta pelajar Tips kehidupan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top