10 Rekomendasi Wisata Madiun, Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun - Dok. Hutan Pinus Nongko Ijo
Travel

Simak 10 Rekomendasi Wisata Madiun, Cocok Untuk Liburan 

Nuraini
Kamis, 22 Desember 2022 - 22:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Madiun menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki sejumlah tempat wisata menarik. Sejauh ini wisata Madiun yang paling terkenal yaitu beragam air terjun. 

Padahal, masih banyak tempat wisata di Madiun yang lagi hits selain air terjun, contohnya hutan pinus dan pegunungan. Berwisata ke Madiun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi liburan akhir tahun.

Rekomendasi Tempat Wisata di Madiun

Anda bisa berwisata ke Madiun untuk mengisi energi tanpa membuat kantong kering. Berikut ini daftar rekomendasi wisata di Madiun yang lagi hits dan cocok dikunjungi ketika liburan  akhir tahun. 

1. Hutan Pinus Nongko Ijo

Wisata di Madiun ini berada di kaki Gunung Wilis. Dinamakan dengan Nongko Ijo karena dahulu banyak pohon nangka hijau yang cukup besar. Kalau berkunjung kesini, Anda bisa menikmati keindahan dan kesejukan yang disajikan oleh pohon pinus dan dua mata air sungai, yakni Sungai Juweh dan Sungai Catur. 

Harga tiket masuk : Rp 2.000

Alamat : Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur

2. Brumbun Tubing Adventure

Brumbun Tubing Adventure menjadi salah satu wisata di Madiun yang lagi hits karena arung jeramnya.Tidak perlu khawatir mengenai keamanannya karena pihak Brumbun Tubing Adventure sudah menyediakan pelampung dan ban yang dirancang khusus. Liburan semakin seru kalau berkunjung kesini bersama dengan keluarga dan teman. 

Harga tiket masuk : Rp 15.000

Alamat : Brumbun, Kec. Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur

3. Air Terjun Krecekan Denu

Air terjun ini punya ketinggian sekitar 20 meter. Airnya mengucur dari atas tebing. Suasana yang sunyi dan sejuk cocok dikunjungi untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari. 

Harga tiket masuk : Rp 5.000

Alamat : Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur

4. Air Terjun Seweru

Air terjun Semeru terletak tepat di lereng Gunung Wilis. Tempat wisata Madiun yang satu ini punya julukan yang berbeda, biasa dikenal juga dengan Air Terjun Kedung Malam. Air Terjun ini menyajikan kolam alami yang menampung aliran air dari ketinggian 400 mdpl.  

Harga tiket masuk : Gratis

Alamat : Dusun Seweru, Branjang, Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur

5. Gunung Kendil

Sebelum dijadikan tempat wisata, Gunung Kendil dijadikan sebagai lokasi latihan militer. Suasananya mirip dengan Santa Monica di Los Angeles. Tempat wisata di Madiun yang lagi hits ini punya arena balap motor, mobil off road, camping ground, tempat pemancingan, dan lapangan tembak. 

Harga tiket masuk : Gratis

Alamat : Area Sawah, Pilangrejo, Kec. Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur

6. Air Terjun Banyulawe Dong

Air terjun ini ramai dikunjungi wisatawan. Kalau Anda kesini, Anda bisa menikmati air terjun dengan pemandangan pegunungan. Terdapat fasilitas yang bisa dimanfaatkan yakni mushola, gazebo, toilet, area parkir, dan warung makan. 

Harga tiket masuk : Gratis

Alamat : Gligi, Kepel, Kec. Pare, Kota Madiun, Jawa Timur

7. Air Terjun Kucur

Di tempat wisata Madiun ini Anda bisa bersantai menikmati kesegaran air terjun dengan pemandangan Gunung Wilis. Aksesnya cukup mudah bisa dengan menggunakan sepeda saja. Air terjun sekitar 20 meter ini merupakan wisata buatan dari warga sekitar.

Harga tiket masuk : Gratis

Alamat : Pucang Sawit, Padas, Kec. Dagangan, Kota Madiun, Jawa Timur

8. Wisata Alam Pesanggrahan

Terdapat lima buah gubuk beratap jerami yang cocok dijadikan tempat bersantai. Dari gubuk, Anda bisa menikmati alam bahkan berfoto ria. Selain itu, Anda bisa melihat air terjun hingga berkunjung ke Bumi Perkemahan dan Trail Adventure. 

Harga tiket masuk : Gratis

Alamat : Dusun Mbade, Desa Segulung, Kec. Dagangan, Kota Madiun, Jawa Tengah

9. Wisata Alam Grape

Tempat wisata di Madiun Jawa Timur ini membuat pengunjung betah karena menyajikan keindahan alam yang menenangkan. Disini Anda bisa menikmati kesejukan sungai yang aliran airnya berasal dari pegunungan Dungus. 

Harga tiket masuk : Rp 3.000

Alamat : Kresek, Wungu, Area Kebun Hutan, Kuwiran, Kare, Kota Madiun, Jawa Timur

10. Gunung Wilis

Wisata di Madiun yang terakhir adalah Gunung Wilis. Disini, Anda dapat menemukan keindahan dari air terjun yang tingginya mencapai 400 mdpl. Gunung Wilis merupakan gunung merapi yang sedang istirahat dan menjadi gunung favorit bagi para pendaki. 

Harga tiket masuk : Gratis

Alamat : Dusun Seweru, Desa Kare, Kec. Kare, Kota Madiun, Jawa Timur

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Madiun yang lagi hits, cocok dikunjungi untuk mengisi liburan akhir tahun. Selain tempat wisata yang sudah disebutkan, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata Madiun terbaru atau tempat wisata malam Madiun yang seru dan memorable. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro