Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengkonsumsinya (pixabay)
Health

Manfaat Daun Kelor, Efek Samping dan Cara Mengkonsumsinya

Nuraini
Selasa, 3 Januari 2023 - 12:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Daun kelor adalah tanaman tropis yang bisa digunakan sebagai obat herbal. Manfaat daun kelor yang beragam dikarenakan daun ini mengandung nutrisi yang dapat menunjang kesehatan tubuh.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas sejumlah manfaat dari daun kelor dan cara mengkonsumsinya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Daun Kelor

Manfaat yang dimiliki daun kelor ditunjang oleh kandungan nutrisi yang beragam. Menurut penjelasan di Halodoc, dalam 2 gram daun kelor terdapat 14 kalori dan nutrisi.

Adapun beberapa nutrisi yang terdapat dalam daun kelor, antara lain; protein, karbohidrat, kalium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan asam folat. Daun kelor juga diketahui mengandung serat yang tinggi, vitamin B, tembaga, fosfor, selenium, zinc, dan antioksidan.

Ragam Khasiat Daun Kelor

Sejauh ini, daun kelor dipercaya bisa melancarkan air susu ibu atau ASI pada ibu menyusui. Akan tetapi, ternyata masih banyak manfaat daun kelor lainnya yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Dikutip dari Halodoc, berikut sejumlah manfaat daun kelor untuk kesehatan.

1. Menangkal radikal bebas

Dan kelor diketahui mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Kandungan inilah yang membuat tubuh menjadi lebih sehat.

2. Mengurangi peradangan pada tubuh

Manfaat rebusan daun kelor lainnya yaitu bisa mengurangi peradangan. Ekstrak daun kelor dipercaya mempunyai senyawa yang bisa mengurangi peradangan pada tubuh saat terkena infeksi atau cedera.

3. Menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Daun kelor diketahui mengandung antioksidan dan kalium yang cukup tinggi. Kandungan itulah yang membuat daun kelor berguna untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga agar tekanan darah tetap stabil. Dengan demikian, risiko hipertensi atau darah tinggi bisa dicegah.

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, daun kelor juga diketahui memiliki sejumlah manfaat untuk wajah. Melansir dari Alodokter, berikut sejumlah manfaat daun kelor untuk kecantikan.

1. Mencegah jerawat

Daun kelor diketahui memiliki efek anti bakteri dan anti radang yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri serta mengurangi peradangan yang bisa memicu jerawat. Meskipun demikian, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

2. Memperlambat penuaan

Manfaat daun kelor lainnya yaitu bisa mencegah penuaan dan mengurangi flek hitam serta kerutan di wajah. Hal tersebut dikarenakan daun kelor mengandung antioksidan dan vitamin C yang bisa menghasilkan kolagen.

3. Membuat kulit lebih halus dan lembap

Kandungan vitamin pada daun kelor diketahui bisa memperbaiki tekstur kulit terluas. Dengan demikian, kulit menjadi lebih halus dan lembut. Selain itu, vitamin tersebut juga membuat kulit lebih lembap.

Efek Samping Daun Kelor

Meskipun memiliki banyak khasiat, mengonsumsi daun kelor berlebih ternyata bisa memberikan efek samping kurang baik untuk tubuh. Dikutip dari doktersehat.com, berikut sejumlah efek samping daun kelor:

  • Detak jantung melambat.
  • Memicu hipoglikemia atau kadar gula darah yang terlalu rendah.
  • Diare.
  • Merusak hati dan ginjal.
  • Memicu alergi.
  • Berbahaya untuk kandungan.

Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Daun Kelor

Manfaat daun kelor akan dirasa apabila diolah dan dikonsumsi dengan benar. Berdasarkan penjelasan di Cybext Kementerian Pertanian, pada zaman dahulu cara mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk teh. Adapun cara mengolah daun kelor menjadi teh, seperti berikut:

  • Petik daun kelor yang muda dan segar.
  • Rendam daun kelor dalam air bersih.
  • Keringkan daun kelor.
  • Saat sudah kering, tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk daun kelor yang halus.
  • Letakkan teh daun kelor pada wadah tertutup dan bersih.
  • Saat ingin membuatnya, cukup ambil 1 hingga 2 sendok teh daun kelor. Kemudian, seduh dengan air panas.
  • Tambahkan juga madu jika ingin rasanya lebih manis. Konsumsi teh daun kelor saat masih hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro