10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Apa Saja?/pixabay
Health

Simak 10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Apa Saja?

Nuraini
Rabu, 4 Januari 2023 - 09:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Buah sirsak dikenal bisa mengatasi masalah kesehatan. Ternyata, daun sirsak juga punya berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan dan wanita.

Apa saja manfaat daun sirsak?  Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Kandungan daun sirsak banyak berperan sebagai antipiretik, antidiabetes, antimikroba, antiparasit, dan kardioprotektif yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa khasiat daun sirsak yang baik untuk kesehatan tubuh.  

1. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan daun sirsak berupa zat besi dan potasium dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Zat besi merupakan senyawa yang dapat mengatur detak jantung, sementara kalium dapat meningkatkan sirkulasi darah. Dengan begitu, manfaat air rebusan daun sirsak baik untuk pengidap tekanan darah tinggi.

2. Mengobati maag

Daun sirsak berperan dalam mengurangi peradangan dan penghilang rasa sakit. Selain itu, daun sirsak juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga manfaat daun sirsak untuk lambung dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit maag.

3. Mengobati insomnia

Daun sirsak juga dapat mengatasi insomnia. Hal ini terjadi karena kandungan daun sirsak yang berperan sebagai relaksan otot polos yang dapat menenangkan dan meredakan stress.

4. Mengobati anemia

Kegunaan daun sirsak lainnya yaitu dapat mengobati anemia. Rebusan daun sirsak dapat meningkatkan sel darah merah sebab kandungan zat besinya yang tinggi.

5. Membantu menghilangkan kutu kepala

Manfaat daun sirsak yang satu ini dapat diperoleh dari pasta daun sirsak. Pasta daun sirsak yang dibuat dapat langsung dioleskan ke kulit kepala. Hal ini dapat membantu menghilangkan kutu kepala dengan cepat.

6. Mengobati diabetes

Manfaat rebusan daun sirsak untuk pria maupun wanita berikutnya yaitu bisa mengobati diabetes. Akan tetapi, konsumsi rebusan daun sirsak untuk penyintas diabetes harus sesuai dengan persetujuan dokter. 

7. Membantu pengobatan kanker

Berdasarkan jurnal Anticancer Properties of Graviola (Annona muricata): A Comprehensive Mechanistic  Review yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health bahwa kandungan daun sirsak dapat berefek antiproliferasi dan sitotoksik. 

Daun sirsak diketahui dapat membantu mengobati kanker payudara, usus besar, paru-paru, prostat, darah, hati, leher rahim, kulit, dan mulut. Kandungan daun sirsak bernama Annonaceous acetogenins (AGEs) dapat menghambat pertumbuhan protein sel kanker. 

8. Baik untuk kesuburan

Salah satu manfaat daun sirsak untuk wanita yaitu baik untuk kesuburan. Dengan mengonsumsi teh daun sirsak dapat meningkatkan ovulasi dan melancarkan siklus menstruasi sehingga meningkatkan kesuburan. Meskipun demikian, manfaat tersebut masih perlu penelitian lebih lanjut. 

9. Memperlambat penuaan dini

Manfaat daun sirsak untuk wanita lainnya yaitu dapat memperlambat penuaan dini. Kandungan daun sirsak berupa vitamin C dan asam askorbat diketahui dapat menangkal radikal bebas yang dapat radikal bebas memperlambat penuaan dini. 

10. Melawan infeksi

Kandungan daun sirsak berupa saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid berperan sebagai antivirus. Hal ini dapat melindungi tubuh dari infeksi virus.

Cara Merebus Daun Sirsak

Untuk mendapatkan khasiat daun sirsak yang maksimal, maka cara pengolahannya harus benar. Dilansir dari Honestdocs, berikut ini cara merebus daun sirsak yang benar. 

  • Siapkan daun sirsak secukupnya dan cuci sampai bersih. 
  • Masukkan air ke dalam panci, lalu rebus sampai mendidih. 
  • Setelah air rebusan mendidih, masukkan daun sirsak dan kecilkan api. 
  • Rebus daun sirsak sekitar 10-20 menit. 
  • Setelah mendidih, matikan kompor dan tuang air rebusan daun sirsak ke dalam gelas. 
  • Biarkan sampai air rebusan tidak terlalu panas dan minum air rebusan daun sirsak tersebut sebanyak satu gelas atau sekitar 250 ml. 

Efek Samping Daun Sirsak

Meskipun memiliki banyak manfaat, daun sirsak yang dikonsumsi berlebihan juga bisa menyebabkan efek samping tertentu. Dikutip dari Alodokter, salah satu efek samping mengonsumsi daun sirsak berlebih yaitu bisa menyebabkan gangguan pada organ ginjal dan hari. Selain itu, konsumsi suplemen daun sirsak dalam jangka panjang juga diketahui bisa merusak saraf. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro