Manfaat Madu untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui - Pexels
Health

Simak Manfaat Madu untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imunitas

Nuraini
Kamis, 5 Januari 2023 - 08:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Madu biasa digunakan sebagai pemanis alami. Di balik rasanya yang manis, madu juga kaya akan manfaat.

Manfaat madu baik untuk kesehatan tubuh karena bahan alami ini kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan flavonoid. Lantas, apa saja manfaat madu untuk kesehatan? Yuk, simak informasinya disini.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Secara Umum

Kandungan madu dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh. Dikutip dari Alodokter, berikut sejumlah khasiat madu jika dilihat dari sisi medis. 

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Madu dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan madu berupa senyawa fitonutrien dan vitamin menjadi antioksidan alami tubuh yang dapat menangkal radikal bebas sehingga kerusakan sel dan jaringan tubuh dapat dicegah.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa madu, terutama madu manuka, dapat menyembuhkan luka. Kandungan madu dapat membantu merangsang pembentukan kulit baru dan membunuh bakteri pada luka. Jenis-jenis luka yang dapat disembuhkan dengan madu yaitu luka lecet, luka bakar, dan luka diabetes.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat minum madu sebelum tidur juga diketahui bisa menjaga kesehatan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan madu dapat berperan sebagai prebiotik di dalam usus dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. 

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat minum madu setiap hari juga diketahui bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan madu berupa senyawa fitonutrien dapat melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis. Selain itu, madu juga dapat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah.

5. Melembapkan bibir

Madu ternyata berguna untuk melembapkan bibir yang kering dan mengelupas. Manfaat madu untuk bibir ini diterangkan oleh dr. Nadia Nurotul Fuadah dalam Alodokter yang menerangkan bahwa penggunaan madu bisa membuat bibir lebih lembap. Akan tetapi, sebaiknya gunakan madu alami yang tidak zat tambahan berupa pengawet maupun gula tambahan. 

6. Mengatasi masalah jerawat di wajah

Salah satu manfaat madu untuk wajah yaitu dapat mengatasi masalah jerawat. Madu diketahui mengandung senyawa aktif yang bersifat anti radang dan anti bakteri, sehingga bisa menyembuhkan jerawat secara alami. 

Manfaat Madu Untuk Pria

Manfaat minum madu setiap pagi tak hanya untuk kesehatan tubuh saja, namun juga berguna untuk kesehatan reproduksi pria. Berdasarkan penjelasan di Halodoc, berikut penjelasan selengkapnya. 

1. Meningkatkan produksi sel sperma

Manfaat minum madu untuk pria yang pertama yaitu dapat meningkatkan produksi sel sperma. Kandungan madu yang berupa vitamin B sangat penting untuk proses produksi testosteron. Apabila dikonsumsi secara teratur juga dapat memperbaiki kualitas sperma.

2. Bersifat afrodisiak

Zat boron dan vitamin B merupakan kandungan madu yang bersifat afrodisiak. Afrodisiak artinya manfaat madu dapat memperbaiki dan meningkatkan libido atau gairah seksual. 

3. Kandungan madu baik untuk keperkasaan

Manfaat madu untuk pria dipercaya baik untuk keperkasaan. Kandungan madu berupa zinc dan vitamin E dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina bagi vitalitas pria. 

Manfaat Madu Untuk Wanita

Manfaat minum madu juga dapat dirasakan oleh wanita, salah satunya dapat mengurangi keputihan. Dikutip dari Halodoc, berikut penjelasan selengkapnya. 

1. Meningkatkan kesuburan dan membantu kehamilan

Manfaat madu dapat berguna juga untuk wanita. Menurut International Journal of Gynaecology and Obstetrics, madu yang digunakan saat berhubungan intim dapat berfungsi sebagai pelumas dan dapat meningkatkan peluang kehamilan. 

2. Mengurangi keputihan

Sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa madu dapat mencegah keputihan tidak normal yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur. Keputihan yang tidak normal ditandai dengan munculnya keputihan dengan warna, bau, dan tekstur yang tidak biasa. Dengan meminum madu, keputihan tersebut dapat dihilangkan.

3. Menjaga kesehatan reproduksi pasca menopause

Glikogen hasil metabolisme bakteri menjadi asam laktat menimbulkan suasana asam pada epitel vagina sehingga pertumbuhan bakteri dapat terhambat. Akan tetapi, produksi estrogen menurun semenjak pasca menopause yang akhirnya membuat ekosistem vagina menjadi basa. 

Kondisi basa dapat mengundang bakteri. Nah, kandungan madu yang berupa senyawa fitoestrogen dapat membantu memulihkan rahim dan vagina yang mengalami atrofi. 

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Anak-anak

Madu juga termasuk bahan alami yang aman untuk ibu hamil dan anak-anak. Menurut keterangan di Alodokter, madu bisa membantu mengurangi morning sickness pada ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil bisa mengkonsumsi madu bersama secangkir teh lemon maupun rebusan jahe. 

Sementara itu, manfaat madu untuk anak yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati batuk. sebagai sumber energi, menjaga kesehatan pencernaan, hingga mengobati luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro