Catat, Ini 9 Manfaat Pisang yang Jarang Diketahui - Unsplash
Health

Simak 9 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 8 Januari 2023 - 10:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pisang merupakan buah yang rasanya manis, aromanya harum, dan teksturnya lembut. Selain rasanya yang enak, manfaat pisang juga sangat beragam. Manfaat tersebut ditunjang oleh kandungan gizi yang terdapat di dalam buah ini.

Berdasarkan penjelasan di Hellosehat, kandungan pisang yang baik untuk kesehatan, antara lain; air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, natrium, dan kalium. Selain itu, terdapat juga kandungan mineral dan vitamin seperti vitamin B, vitamin C, dan lain sebagainya.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Nutrisi yang lengkap membuat buah pisang mempunyai sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari Alodokter, berikut sejumlah manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh.

1. Memelihara kesehatan pembuluh darah dan jantung

Pisang diketahui mengandung kalium yang bisa menjaga fungsi pembuluh darah untuk mengangkut oksigen ke otak. Selain itu, buah pisang juga bisa memelihara kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko stroke.

2. Sumber energi

Manfaat buah pisang untuk pria dan wanita lainnya bisa menjadi sumber energi. Manfaat ini didapatkan karena buah pisang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Nantinya, karbohidrat akan diolah menjadi glukosa untuk sumber energi.

3. Mencegah risiko gangguan pada organ ginjal

Manfaat makan pisang setiap hari juga diketahui bisa mencegah risiko penyakit ginjal. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kalium dalam jumlah cukup, mempunyai risiko terkena batu ginjal yang lebih rendah. Salah satu sumber kalium yang mudah dijumpai dan harganya terjangkau yaitu buah pisang.

4. Memelihara saluran pencernaan

Manfaat pisang untuk pria dan wanita selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Buah pisang dapat berperan sebagai sumber prebiotik yang dapat memelihara kesehatan saluran pencernaan.

Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah pisang juga dapat mencegah kanker usus besar dan sembelit. Buah pisang juga cukup aman untuk penderita asam lambung karena kandungan asam buah ini cukup rendah.

5. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat pisang untuk kesehatan lainnya yaitu bisa membantu menurunkan berat badan secara alami. Buah pisang diketahui bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan. Oleh karena itu, buah ini cocok dikonsumsi saat diet.

6. Mencegah kerutan wajah

Salah satu manfaat pisang untuk wajah yaitu bisa mencegah kerutan di wajah. Hal tersebut dikarenakan buah pisang mengandung silika yang bisa memicu produksi kolagen. Perlu diketahui bahwa kolagen merupakan protein penting yang dapat menjaga kekencangan kulit dan mencegah kerutan.

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Buah pisang juga ternyata aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Dikutip dari Halodoc, berikut manfaat buah pisang untuk ibu hamil.

1. Mengurangi mual

Ibu hamil identik dengan rasa mual dan morning sickness. Kondisi tersebut membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Mengkonsumsi buah pisang diketahui bisa mengurangi gejala tersebut. Hal tersebut dikarenakan buah pisang mengandung vitamin B6 dan piridoksin.

2. Mencegah risiko bayi lahir cacat

Manfaat pisang untuk wanita selanjutnya yaitu bisa mencegah bayi lahir dalam kondisi tidak normal. Kandungan asam folat dalam buah pisang bermanfaat untuk perkembangan sumsum tulang belakang dan otak bayi.

3. Mencegah sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami ibu hamil. Kondisi ini ternyata bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah pisang. Manfaat pisang ini didapatkan dari kandungan serat di dalamnya.

Itulah sejumlah manfaat pisang yang jarang diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro