Tidak Perlu Obat, Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat (pexels)
Health

Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat secara Alami dan Ampuh

Nuraini
Senin, 16 Januari 2023 - 07:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hidung tersumbat merupakan salah satu gangguan pernapasan yang bisa dialami siapa saja, baik orang dewasa maupun bayi.

Saat mengalami masalah tersebut, jangan langsung mengkonsumsi obat-obatan. Hal tersebut dikarenakan ada beragam cara mengatasi hidung tersumbat.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hidung yang tersumbat? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh gangguan pernapasan lain, seperti; pilek, flu, sinusitis, dan alergi. Dilansir dari situs Siloam Hospitals, berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh tanpa obat.

1. Membuat suhu badan tetap hangat

Salah satu cara mengatasi hidung yang tersumbat yaitu dengan menjaga suhu tubuh tetap hangat. Cara ini bisa dilakukan dengan berjemur di pagi hari sekitar pukul 7 sampai 9 pagi. Selain menyembuhkan hidung tersumbat, berjemur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Minum air hangat

Selain berjemur, Anda juga bisa minum air hangat untuk meredakan hidung yang tersumbat. Anda bisa menambahkan jahe untuk menambahkan kehangatan dalam minuman tersebut. Selain itu, air hangat juga bisa membuat tenggorokan menjadi lebih lega.

3. Memakai minyak eucalyptus

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah juga bisa menggunakan minyak eucalyptus pada area leher, dada, maupun hidung. Minyak tersebut memberikan aroma yang melegakan hidung tersumbat. Selain itu, minyak eucalyptus juga bisa memberikan kehangatan dan membuat saluran pernapasan menjadi lebih lega.

4. Meletakkan humidifier di dalam ruangan

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur secara alami yaitu dengan memasang humidifier di ruangan atau kamar tidur. Humidifier berguna untuk menjaga kelembapan udara di ruangan tersebut. Tak hanya itu, humidifier juga berguna untuk membersihkan ruangan dari debu, sehingga tidak mengganggu pernapasan.

5. Minum air putih

Minum air putih bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih diketahui bisa mengencerkan lendir di hidung, sehingga hidung tersumbat bisa diatasi. Selain itu, minum air putih juga membuat tubuh semakin sehat dan tidak mudah sakit.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, masalah hidung tersumbat juga bisa dialami oleh bayi atau anak-anak. Saat bayi mengalami hidung tersumbat, sebaiknya tidak membersihkan obat kimia. Berdasarkan keterangan di Primaya Hospital, berikut beberapa cara mengatasi flu hidung tersumbat pada bayi.

1. Mengoleskan minyak esensial
Mengoleskan minyak esensial ke dada juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat pada bayi. Selain itu, minyak esensial seperti lavender, kayu putih, dan chamomile bisa membuat bayi tidur lebih nyaman.

2. Menggunakan bantal yang nyaman
Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yaitu dengan menggunakan bantal yang nyaman. Selain bantal, Anda juga menempatkan handuk yang digulung di bawah kepala bayi. Dengan demikian, posisi kepala lebih tinggi dan dapat melegakan hidung yang tersumbat.

3. Menggunakan uap air panas
Uap air panas bisa membantu mengeluarkan lendir. Anda juga bisa menyalakan air panas di kamar mandi dan biarkan uap keluar selama beberapa menit. Setelah itu, mandikan bayi di kamar mandi itu dan biarkan uap terhirup oleh bayi. Anda juga dapat menambahkan minyak kayu putih atau peppermint agar pernapasan semakin lancar.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pijatan
Cara alami mengatasi hidung tersumbat juga bisa dilakukan dengan cara pijatan. Anda bisa meletakkan ibu jari dan jari telunjuk di pangkal hidung.

Setelah itu, cari area antara hidung dan sudut mata bagian dalam. Berikan tekanan lembut pada area tersebut selama kurang lebih 15 detik.

Lalu, tekan dengan ibu jari dan jari telunjuk ke bawah di sepanjang sisi hidung. Lakukan pijatan lembut selama sekitar 30 detik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro