Ilustrasi sakit perut Blogdoctoroz.com/
Health

5 Cara Mengatasi Perut Kekenyangan, Cepat dan Ampuh

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 Januari 2023 - 11:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda merasa kekenyangan setelah makan besar?

Semua orang mungkin pernah merasakannya. Terutama saat berpesta bersama teman dan keluarga, atau pergi ke restoran favorit.

Kekenyangan juga bisa dialami jika Anda buka puasa dengan langsung menyantap makanan berat.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Menurut para ahli, solusi untuk perut tidak nyaman setelah makan berat dan terlalu kenyang adalah dengan makan perlahan terlebih dahulu.

Mengunyah dengan benar membantu mencerna makanan dengan lebih baik dan memudahkan pergerakan melalui sistem pencernaan. Ini lebih penting lagi untuk makanan berserat tinggi seperti sayuran.

Namun selain itu, jika makanan favorit Anda menyebabkan sakit perut atau segala bentuk gangguan pencernaan setelah pesta, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakannya sebagai berikut dilansir dari Times Now News.

1. Jalan-jalan

Sesi jalan cepat setelah makan berat dapat memperlancar pencernaan. Menurut penelitian, saat istirahat dapat membuat seseorang mempertahankan proporsi gas yang lebih tinggi di usus. Sesi jalan cepat yang baik dapat menenangkan perut akibat gerakan pada tubuh. Menurut sebuah studi tahun 2006, berjalan membantu mempercepat waktu yang dibutuhkan makanan untuk bergerak ke usus kecil sehingga meredakan refluks asam.

2. Minum air

Tidak dingin atau berkilau, air biasa dapat membantu perut mencerna makanan lebih mudah dan menenangkannya setelah makan berat. Air soda harus dihindari karena akan semakin mengganggu perut.

3. Lakukan pijatan

Pijatan pada perut dari kiri ke kanan dapat membantu pencernaan lebih lanjut – ini dapat mengurangi kembung secara efektif. Usap ke atas dari pangkal perut ke arah tulang rusuk dengan tangan rata – lalu letakkan telapak tangan di punggung dan gerakkan tangan ke depan melewati pinggul, turun ke sisi panggul menuju selangkangan.

4. Gunakan kantung air panas

Kantung air panas dapat membuat perut terasa panas – Anda juga dapat menggunakan bantalan pemanas microwave untuk meredakannya. Panas dapat membantu otot-otot di usus rileks yang selanjutnya memungkinkan gas yang terperangkap keluar dari usus.

5. Minum teh peppermint

Teh peppermint dapat memberikan efek pendinginan dan relaksasi di area lambung. Mengoleskan minyaknya juga dapat mengurangi kram perut dan meredakan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro