Simak, Ini Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan - Freepik
Health

Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan, Baik Buat Kulit

Nuraini
Kamis, 26 Januari 2023 - 20:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manfaat semangka ternyata tidak diragukan lagi. Buah semangka dikenal dengan rasanya yang enak dan kandungan airnya yang sangat melimpah.

Kandungan nutrisi dalam buah semangka yang lengkap membuat buah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Kandungan Semangka

Menurut keterangan di Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram semangka terdapat kandungan nutrisi seperti berikut ini.

  • 92% air
  • 0,2 gram lemak 
  • 28 Kal energi
  • 0,5 gram protein
  • 0,4 gram serat
  • 7 mg kalsium
  • 7 mg natrium
  • 12 mg fosfor
  • 0,2 mg besi
  • 93,8 mg kalium
  • 0,1 mg seng
  • 315 mcg beta karoten
  • 0.05 mg thiamin 
  • 590 mcg karoten total
  • 6 mg vitamin c

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Beragam kandungan nutrisi yang ada pada buah membuatnya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang akan didapatkan apabila Anda mengkonsumsi buah semangka. 

1. Membantu hidrasi tubuh

Manfaat dari buah semangka yang pertama yaitu bisa membantu untuk menghidrasi tubuh. Tidak hanya air putih saja, mengonsumsi buah yang tinggi kandungan air juga bisa membantu untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi yaitu 92%. Hal ini membuat semangka mampu menurunkan risiko dehidrasi pada tubuh. Kandungan air yang tinggi ini juga bisa membantu untuk kenyang jauh lebih lama.

2. Menurunkan kolesterol

Buah semangka juga bisa untuk menurunkan kolesterol. Manfaat semangka untuk kolesterol ini ditunjang oleh kandungan likopen. Kandungan  tersebut diketahui bisa yang bisa mencegah radikal bebas dan mampu menurunkan kadar kolesterol. 

3. Mencegah preeklamsia

Manfaat semangka untuk ibu hamil ternyata juga bisa mencegah preeklamsia. Kandungan likopen pada semangka ini memiliki peranan yang penting dalam mencegah preeklamsia serta mengurangi risiko untuk bayi lahir dengan berat badan yang rendah. 

Meskipun demikian manfaat semangka dalam mencegah preeklamsia ini masih perlu penelitian yang lebih lanjut.

4. Kesehatan prostat

Manfaat semangka untuk pria dipercaya bisa membantu untuk menjaga kesehatan prostat. Kandungan likopen pada semangka ini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung kulit dan juga prostat.

Sebuah penelitian yang dilakukan dokter di The University of Illinois di Chicago membuktikan bahwa konsumsi likopen tiga minggu sebelum prostatektomi dapat mengurangi kerusakan pada jaringan prostat. 

Manfaat Semangka Untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan, semangka juga memiliki manfaat yang sangat beragam untuk kesehatan kulit. Adapun beberapa manfaat semangka untuk kesehatan wajah, seperti berikut. 

1. Kulit tampak lebih mulus

Manfaat semangka untuk wanita dan pria diketahui bisa membuat kulit tampak lebih mulus. Kandungan vitamin C yang ada pada semangka ini membuat tubuh memproduksi kolagen dalam jumlah yang banyak.

2. Sifat menenangkan bagi kulit

Manfaat semangka untuk kulit berikutnya yaitu bisa menenangkan kulit. Tak disangka, ternyata kulit semangka bisa dimanfaatkan sebagai anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan. 

3. Melindungi dari radikal bebas

Manfaat makan semangka selanjutnya yaitu bisa membantu untuk melindungi dari radikal bebas. Semangka memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang sangat baik untuk bisa mengelola kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh vitamin E juga bisa memberi perlindungan pada kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

Demikian informasi terkait dengan manfaat semangka yang penting untuk diketahui. Kandungan nutrisi dan manfaat yang beragam membuat buah ini bisa menjadi salah satu menu makanan sehat harian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro