6 Manfaat Kumis Kucing dan Efek Sampingnya (pixabay)
Health

Simak 6 Manfaat Kumis Kucing bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Nuraini
Minggu, 29 Januari 2023 - 10:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tanaman kumis kucing (Orthosiphon stamineus) merupakan tanaman dari suku Lamiaceae yang sering dimanfaatkan daunnya sebagai obat.

Manfaat kumis kucing salah satunya dapat mengobati susah buang air kecil. Lalu, apa saja manfaat lainnya dari kumis kucing? Simak pembahasannya disini. 

Kandungan Kumis Kucing

Kandungan senyawa aktif dalam kumis kucing diketahui cukup beragam. Berikut daftarnya. 

  • Alkaloid
  • Saponin
  • Flavonoid 
  • Polifenol
  • Zat samak
  • Orthosiphon glikosida
  • Minyak lemak
  • Sapofonin
  • Garam kalium
  • Myo Inositol
  • Minyak atsiri

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Kandungan kumis kucing memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam buku Tumbuhan Obat Tradisional dan beberapa sumber lainnya, berikut beberapa manfaat kumis kucing yang perlu diketahui. 

1. Dapat mengobati sakit maag

Manfaat kumis kucing bagi kesehatan yakni dapat mengobati sakit maag. Cara mendapatkan manfaat ini cukup dengan merebus 7 lembar daun muda kumis kucing dan 7 lembar daun alpukat dengan segelas air hingga mendidih. Hasil air rebusannya bisa diminum setiap tiga kali sehari agar dapat mengobati sakit maag. 

2. Dapat mengobati batu ginjal

Untuk penghancuran batu ginjal, lebih bagus menggunakan tanaman keji beling. Namun, apabila batu ginjal telah hancur, maka pemeliharaannya diganti dengan menggunakan ramuan tanaman kumis kucing. 

Manfaat kumis kucing untuk batu ginjal bisa didapatkan dengan cara mencuci bersih 6 g herba kumis kucing, 7 pohon meniran. Bahan-bahan tersebut direbus bersama dengan 110 ml air selama 10 – 15 menit. Kemudian, air ramuan disaring dan diminum setiap 2 kali sehari sebanyak 110 ml. Minumlah ramuan tersebut selama 14 hari agar batu ginjal dapat terobati. 

3. Dapat mengobati kencing manis

Daun kumis kucing dapat mengobati kencing manis atau diabetes. Manfaat daun kumis kucing yang satu ini dapat diperoleh dengan menggunakan 20 helai daun kumis kucing, dan 20 helai daun sambiloto. 

Semuanya bahan dicuci bersih. Kemudian, bahan-bahan dididihkan dalam 110 ml air selama 10 – 15 menit. Kemudian, hasil rebusan perlu disaring. Air rebusan tersebut diminum sekali sehari dengan tiap kali minum sebanyak 100 ml.

4. Dapat mengobati sakit pinggang

Bahan-bahan yang diperlukan untuk mengobati sakit pinggang antara lain 1 genggam daun kumis kucing dan 4 cm2 kulit batang pepaya. Pertama-tama, semua bahan dicuci bersih dan dididihkan dalam 110 ml air selama 10 – 15 menit. Kemudian, air rebusan disaring. Air rebusan diminum sekali sehari 100 ml dan diulang selama 14 hari. 

5. Dapat mengobati sakit kuning

Manfaat daun kumis kucing juga dapat mengobati sakit kuning. Caranya dengan menggunakan 7 lembar daun kumis kucing dan 7 buah batang bilayang kurita yang sebesar ibu jari. Semua bahan dicuci dan direbus bersama dengan satu setengah liter air. 

Hasil air rebusan dari ramuan ini dapat direbus berulang hingga dua kali. Untuk mengobati sakit kuning, minum ramuan tersebut sebanyak tiga kali sehari.

6. Dapat mengobati TBC

Manfaat kumis kucing bagi kesehatan juga bisa mengobati penyakit TBC. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mencuci bersih 3 lembar daun kumis kucing, 3 lembar daun tangan-tangan, dan 1 jari rimpang kunyit hitam. 

Lalu, kunyit diparut dan dicampurkan ke bahan-bahan lainnya. Kemudian, diperas hingga menghasilkan sari. 

Air sari yang diperoleh ditambahkan dengan 3 biji garam kasar dan diaduk. Minum tiga kali sehari untuk dapat mengobati TBC. 

Efek Samping Kumis Kucing

Walaupun manfaat tanaman kumis kucing beragam, terdapat pula efek samping yang ditimbulkannya. Informasi terkait dosis yang aman dalam mengkonsumsi tanaman ini masih belum banyak sehingga penggunaannya perlu dikonsultasikan dengan dokter. Untuk menghindari efek sampingnya, ketahuilah hal-hal berikut ini

Ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari tanaman kumis kucing karena belum banyak informasi mengenai keamanan mengkonsumsinya bagi ibu hamil dan menyusui.

Penderita gangguan jantung ataupun ginjal tidak boleh mengkonsumsi kumis kucing sebagai terapi irigasi.

Penderita tekanan darah rendah dilarang mengkonsumsi kumis kucing karena dikhawatirkan semakin membuat tekanan darah menurun.

Hentikan konsumsi kumis kucing 2 minggu sebelum operasi untuk menghindari kesulitan dalam proses kontrol tekanan darah selama operasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro