Undangan nikah pembobol rekening /Freepik
Relationship

Jangan Panik! Lakukan Ini Jika Terlanjur Klik Link Undangan Nikah Pembobol Rekening

Arlina Laras
Senin, 30 Januari 2023 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda mendapatkan pesan whatsapp klik link undangan nikah pembobol rekening, lakukan hal ini.

Modus penipuan undangan pernikahan yang dapat membobol rekening melalui WhatsApp kini membuat geger masyarakat.

Pasalnya pelaku modus undangan pernikahan tersebut bisa mengetahui nama jelas hingga gelar, sehingga bisa dengan mudah mengecoh korban. 

Tak tanggung-tanggung, mereka yang menjadi korban harus merelakan uang di rekeningnya ludes. Modusnya adalah pelaku menghubungi korban melalui WhatsApp memberitahukan bahwa ada undangan dengan pesan berikutnya yang bertuliskan 

"Kami harap kehadirannya".

Mengutip dari Instagram @jktgo, undangan yang dikirim pun tidak menampilkan rincian undangan, tetapi mengarahkan pengguna ke satu aplikasi dengan format APK.

Jika diinstal, aplikasi tersebut akan mencuri informasi pribadi pengguna sehingga besar memungkinkan bisa membobol rekening pribadi atau m-banking korban.

Tidak hanya undangan pernikahan, kini oknum penipu juga mengirimkan pesan sejenis dengan modus meminta tagihan tunggakan iuran BPJS hingga penipu yang berpura-pura sebagai kurir ekspedisi dan mengirim file dengan ekstensi APK.

Tech Enthusiast, Gadget Reviewer, Security Enthusiasts Mr Bert menjelaskan ketika seseorang mengklik tautan yang dikirim, maka pelaku secara otomatis bisa mengambil alih ponsel korban dengan bermodal program Remote Access Trojan (RAT) yang telah ditanamkan di dalam aplikasi undangan tersebut.  

“Namanya juga remote, artinya pelaku bisa mengendalikan handphone lewat jarak jauh. Karena sekarang gue pun nggak perlu install aplikasi, gue udah bisa ambil alih handphone orang tanpa install aplikasi apapun. Ketika seseorang klik link tersebut, sudah kalian game over. Boom, akan terjadi perpindahan dana,” jelasnya dilansir dari channel youtube Mr Bert ‘Penipuan Undangan Whatsapp Pernikahan Serta Solusinya’ Senin (30/1/2023). 

Meski, hal ini marak terjadi pada pengguna Android, namun dirinya turut mengingatkan para pengguna iPhone untuk terus waspada. 

Lantas, bagaimana jika sudah terlanjur mengklik dokumen itu?

Mr Bert mengatakan, saat sudah diklik, kemungkinan besar malware sudah menginfeksi komputer dan atau ponsel android.

Sebagai informasi, malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server atau jejaring komputer tanpa izin (informed consent) dari pemilik. Malware bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer dan memungkinkan juga terjadi pencurian data atau informasi. 

"Langsung putuskan koneksi internet, baik itu mobile data atau WIFI. Selanjutnya, hapus atau uninstall semua aplikasi mobile banking. Kemudian lakukan factory reset atau format ponsel menjadi setelan pabrik serta ganti PIN dan ganti ATM,” ungkapnya. 

Dirinya mengingatkan bagi korban yang terlanjur mengklik dokumen tersebut untuk jangan mengganti semua password internet banking, email hingga media sosial di ponsel yang sama. Akan tetapi, menggantinya lewat komputer dan ponsel android lain yang tidak terinfeksi malware ini. 

Selanjutnya, apabila sudah terlanjur melakukan klik, bisa lakukan langkah instalasi anti virus. Karena malware RAT beberapa sudah dideteksi oleh anti virus. Apabila anti virus gagal melakukan deteksi, kemungkinan kemampuan malware yang masuk ke ponsel tersebut cukup advance.

Kelompok Penipu di Makassar

YouTuber dan Tech Enthusiast Mr Bert juga mengungkapkan bahwa beberapa pelaku penipuan pun mengatasnamakan beberapa publik figur seperti Rans Entertainment dan Baim Wong. 

“Aku sudah ketemu kelompok penipu di sana, sudah tau lokasi dan wajahnya. Gue tau orang Makassar semua baik-baik, tapi kelompok penipu ini yang merusak nama baik orang Makassar,” katanya. 

Atas kejadian tak mengenakan ini, Mr Bert berharap agar tidak ada lagi korban yang terkena modus penipuan seperti itu.

"Mulai dari anak-anak hingga orang tua sekarang harus kita edukasi," jelasnya. 

Kini, pengguna ponsel Android maupun iPhone juga mampu melacak nomor tak dikenal. Hanya dengan menginstal deretan aplikasi pelacak nomor, maka penelfon misterius akan terungkap.

Ada beberapa aplikasi pelacak nomor telepon yang tidak dikenal, yang dapat di-download di platform Android maupun iOS/iPhone untuk  mengetahui pemilik nomor telepon yang tidak dikenal atau yang belum tersimpan di ponsel, aplikasi-aplikasi tersebut juga dapat mendeteksi nomor lain yang terindikasi sebagai penipuan atau spam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro