Makanan mengandung tepung memiliki risiko buruk bagi kesehatan/Istimewa
Health

Ini 5 Efek Buruk Mengonsumsi Makanan Mengandung Tepung Bagi Kesehatan

Novita Sari Simamora
Jumat, 3 Februari 2023 - 22:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang mengonsumsi tepung setiap hari memiliki risiko terserang obesitas, hipertensi, hingga penyakit kanker.

Dilansir dari chriskresser, Jumat (3/2/2023), tepung olahan tidak baik bagi kesehatan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tepung bisa meningkatkan risiko banyak kondisi kesehatan, termasuk penambahan berat badan dan obesitas, sindrom metabolik, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, penurunan kognitif, kecanduan makanan, depresi, kanker, dan jerawat.

Simak risiko buruk mengonsumsi tepung bagi kesehatan:

1. Penambahan Berat Badan dan Obesitas

Penelitian di Amerika Serikat mencatatkan bahwa tepung bisa menyebabkan obesitas, ada 2 per 3 orang dewasa Amerika saat ini diklasifikasikan mencatatkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Tepung olahan bisa meningkatkan lemak dalam tubuh dan merusak oksidasi lemak. Tepung olahan dapat memicu mikrobiota usus yang meradang, atau peradangan yang disebabkan oleh bakteri di usus, suatu kondisi yang mendorong disfungsi metabolisme dan penambahan berat badan.

2. Sindrom Metabolik dan Diabetes Tipe 2

Orang-orang yang mengonsumsi tepung, bisa mengalami pradiabetes tipe 2 yang masuk dalam kondisi parah. Asupan karbohidrat olahan merupakan faktor risiko resistensi insulin.

Pakar diet merekomendasikan masyarakat untuk mengganti tepung menjadi produk biji-bijian olahan dengan biji-bijian utuh untuk mengurangi risiko sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

3. Hipertensi

Makanan mengandung tepung menjadi salah satu penyumbang tekanan darah tinggi (hipertensi) yang paling signifikan adalah resistensi insulin. Konsumsi karbohidrat olahan dapat mengganggu hubungan antara glukosa dan insulin dan pada akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau memperburuk hipertensi yang ada.

4. Penyakit Kardiovaskular

Selama beberapa dekade, lemak makanan bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, kesalahan yang menyebabkan pengembangan pedoman diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat yang terkenal di Amerika Serikat. Sayangnya, kami sekarang memahami bahwa pedoman ini, yang membuat orang Amerika mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan, mungkin telah memperburuk epidemi penyakit kardiovaskular.

5. Kanker

Hubungan antara makanan yang mengandung tepung dengan kanker ternyata cukup erat. Artikel di PLOS Biology menerbitkan dokumen internal yang menunjukkan bahwa bukti adanya hubungan antara gula dan kanker sengaja ditutup-tutupi oleh industri gula beberapa dekade yang lalu.

Ada juga penelitian yang mendukung bukti adanya hubungan antara karbohidrat olahan, seperti tepung olahan, dan risiko kanker. Asupan karbohidrat olahan yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara, usus besar, dan endometrium yang sedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro