Ilustrasi sekolah digital
Relationship

Beragam Kelebihan Sekolah Digital

Mia Chitra Dinisari
Senin, 6 Februari 2023 - 10:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sekolah digital adalah istilah yang diberikan kepada sekolah yang bekerja secara virtual atau menjalankan kelas online.

Karena seluruh sistem pendidikan sekarang berjalan online, sekolah juga mempersiapkan diri untuk masa depan.

Dilansir dari Teachmint, ada banyak manfaat yang diberikan sekolah digital sebagai berikut:

1. Jejaring yang Lebih Baik

Pendidikan online juga memberi siswa kemungkinan untuk berjejaring dengan teman sebaya dan guru yang berpikiran sama, di seluruh dunia. Ini lebih sering daripada tidak mengarah pada peluang atau peluang lain sejalan dengan kemitraan dengan rekan-rekan mereka dalam pelaksanaan dan penyelesaian suatu proyek.

2. Tidak Ada Batas Geografis

Seorang siswa sering kali harus melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan pengetahuan; tetapi dengan perkembangan teknologi yang lebih baik dan ruang kelas digital, hal ini menjadi kurang menjadi masalah.

3. Tidak terbatas waktu

Manfaat sekolah digital dan ruang kelas virtual tidak terhitung. Seseorang tidak lagi perlu khawatir untuk pergi ke suatu tempat untuk mempelajari apa yang mereka sukai, yang harus mereka lakukan hanyalah mengunduh aplikasi pengajaran online dan mereka siap untuk mengikuti sebanyak mungkin kursus yang mereka inginkan.

Melalui cara ini, seseorang dapat belajar dari mana saja dan kapan saja. Dengan hadirnya teknologi ini, siapa pun dari semua kelompok umur dapat belajar tanpa banyak kesulitan dan dengan pengeluaran yang masuk akal.

Orang dapat menggabungkan kursus dari bidang apa pun dan mempelajarinya bersama. Profesional yang mengambil kursus ini juga diberikan kemudahan untuk bekerja dan menjangkau dunia tanpa gangguan.

Salah satu yang merilis sekolah digital di tanah air yakni Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR), yang baru saja membuka program ini bersamaan dengan hari ulang tahunnya yang ke-14 tahun.

Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo mengatakan ini merupakan salah satu program inisiasi khususnya di bidang pendidikan, sekaligus strategi dan program-program yang secara khusus ditujukan untuk pemerataan pendidikan di daerah tertinggal.

YPA-MDR juga meluncurkan program Open Jurnal System (OJS) sebagai penunjang publikasi karya ilmiah guru berbasis digital.

Untuk pendidikan didukung teknologi, YPA-MDR sebelumnya memiliki platform School Collaboration System (SCS) yang merupakan aplikasi berbasis website untuk memfasilitasi guru dalam membantu Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran yang terintegrasi dalam proses digital atau e- learning.

YPA-MDR juga telah memberikan bantuan jaringan internet bagi sekolah binaan di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang tersebar di Kecamatan Amarasi Selatan, Takari dan Rote Barat sebagai upaya mendukung digitalisasi sekolah binaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro