7 Cara Mengatasi Insomnia, Tanpa Perlu Obat Kimia - Freepik
Health

Ini 7 Cara Mengatasi Insomnia yang Ampuh, Tanpa Perlu Obat Kimia

Nuraini
Rabu, 15 Februari 2023 - 20:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Insomnia merupakan kondisi yang bisa membuat penderitanya sulit atau bahkan tidak bisa tidur meskipun sudah memiliki kesempatan dan juga waktu yang cukup untuk beristirahat.

Kondisi ini tentu bisa mengganggu kesehatan tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi insomnia dengan tepat. 

Penyebab insomnia

Sebelum mengetahui cara mengatasi insomnia, tak ada salahnya untuk mengetahui penyebab gangguan tidur ini. Secara umum, insomnia dibedakan menjadi dua jenis yaitu insomnia akut dan insomnia kronis. Berikut yang beberapa penyebab dari insomnia akut:

  • Mengingat peristiwa traumatis.
  • Mengalami stress.
  • Perubahan kebiasaan tidur seperti contohnya tinggal di rumah yang baru.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Penyebab dari insomnia kronis yaitu sebagai berikut.
  • Mengalami gangguan tidur.
  • Kondisi nyeri kronis.
  • Masalah Psikologi seperti kecemasan, gangguan penggunaan zat, dan depresi.
  • Kondisi kesehatan tertentu seperti GERD, kanker, diabetes, ataupun penyakit kardiovaskular.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Insomnia ternyata bisa diatasi dengan cara alami. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia tanpa perlu obat kimia.

1. Berpikir positif

Cara mengatasi insomnia paling ampuh yaitu dengan terus berpikir positif. Insomnia sering dialami oleh mereka yang sering cemas dan juga khawatir berlebihan. Mencoba untuk berpikir positif dan lebih tenang menjadi salah satu cara untuk mengatasi insomnia.

Apabila Anda merasa kesulitan maka bisa konsultasi ke psikolog ataupun psikiater untuk dapat konseling serta psikoterapi. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk meditasi untuk dapat menenangkan pikiran.

2. Meluangkan waktu untuk melakukan relaksasi

Relaksasi menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi insomnia. Jenis relaksasi yang bisa dilakukan yaitu yoga ataupun pilates. Aktivitas tersebut akan memberikan ketenangan dan juga kenyamanan sehingga nantinya Anda bisa tidur dengan lelap.

Aktivitas lainnya yang menenangkan seperti mandi air hangat membaca buku, mendengarkan musik, bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

3. Mengkonsumsi makanan sehat

Cara menghilangkan insomnia yaitu bisa dengan mengonsumsi makanan sehat. Hindari makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi serta karbohidrat kompleks saat Anda akan tidur. Makanan tersebut akan membuat kerja dari sistem pencernaan lebih berat sehingga tubuh akan sulit untuk beristirahat.

Mengkonsumsi makanan sehat di malam hari seperti yogurt atau cracker tawar akan membantu untuk Anda bisa tidur dengan baik.

4. Kurangi minuman berkafein

Salah satu penyebab dari insomnia yaitu mengonsumsi kafein yang berlebihan. Maka dari itu, cara menyembuhkan insomnia bisa dengan membatasi konsumsi kafein. Batasi mengkonsumsi kafein dan perbanyak minum air putih atau dapat menggantinya dengan susu, sehingga lebih sehat dan tidak beresiko membuat Anda insomnia.

5. Kamar tidur yang nyaman

Cara agar tidak insomnia yaitu bisa dengan membuat kamar tidur yang nyaman. Banyak orang yang kesusahan tidur karena melakukan berbagai aktivitasnya di kamar. Sehingga kamar tidur tersebut tidak ideal untuk dijadikan sebagai tempat istirahat.

Oleh karena itu, Anda bisa menciptakan kamar tidur yang nyaman dengan menyesuaikan pencahayaan, pemilihan bantal, merapikan kamar, dan hal lainnya yang bisa membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman.

6. Gaya hidup sehat

Selain itu, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat agar bisa tidur tepat waktu. Pola hidup sehat bisa membantu untuk mengurangi stres sehingga tidur menjadi lebih terjamin.

Itulah beberapa informasi tentang cara mengatasi insomnia dan penyebabnya. Apabila insomnia tidak kunjung menghilang, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro