Leiji Matsumoto/reuters
Entertainment

Pencipta Manga Populer Jepang, Leiji Matsumoto Meninggal Serangan Jantung

Mia Chitra Dinisari
Senin, 20 Februari 2023 - 15:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pencipta manga populer Jepang, Leiji Matsumoto meninggal dunia karena serangan jantung pada usia 85 tahun.

Leiji Matsumoto terkenal dengan "Galaxy Express 999" dan "Space Pirate Captain Harlock".

Serangan jantung pada orang berusia lebih dari 60 tahun lebih sering terjadi daripada orang muda meskipun kejadiannya pada kelompok terakhir telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Serangan jantung terjadi ketika arteri yang mengirimkan darah dan oksigen ke jantung tersumbat. Endapan kolesterol berlemak menghalangi aliran darah akibatnya jaringan kehilangan oksigen dan mati.

Serangan jantung ditandai dengan sesak di dada yang terasa seperti nyeri berdenyut. Orang tersebut juga mengalami nyeri di dada yang menjalar ke leher, punggung atau lengan dan juga rahang.

Sesak napas, nyeri pada tungkai, nyeri dada merupakan gejala awal serangan jantung. Bantuan medis cepat dapat membantu orang tersebut.

Serangan jantung berbeda dengan henti jantung karena pada akhirnya jantung seseorang berhenti memompa darah dan berhenti bernapas secara normal.

Lahir pada 25 Januari 1938, Leiji Matsumoto tumbuh dengan menonton kartun Amerika. Dia berusia 7 tahun ketika Perang Dunia II telah berakhir.

"Karyanya diinformasikan oleh keinginannya agar orang-orang tidak mengalami perang dan hidup untuk bumi," demikian dilansir dari Reuters.

Dia pindah ke Tokyo pada usia 18 tahun untuk menjadi seniman manga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro