Samgyetang alias Ginseng Chicken Soup. /koreanbapsang.com
Health

Ini 5 Ide Makanan Mpasi Sehat dan Bergizi Untuk Bayi

Elsa Hayati Sukma
Jumat, 24 Februari 2023 - 12:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bayi berusia 6 ulan umumnya sudah boleh diberikan makanan pendamping ASI (Mpasi). Mpasi harus memiliki tekstur yang mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi.

Air susu ibu masih menjadi makanan sehat yang terbaik tetapi kebutuhan vitamin, mineral protein serta karbohidrat terdapat dalam Mpasi. Namun, bayi yang sudah memiliki usia lebih dari 6 bulan, memiliki tambahan protein hewani lainnya.

Mpasi yang diberikan kepada bayi harus dengan kandungan nutrisi untuk menambah kebutuhan gizi dalam pertumbuhan bayi. Menurut Dokter Ahli Anak merekomendasikan untuk menghindari garam dan gula sampai usia satu tahun untuk menghindari penyakit pada ginjal. 

Ini 6 makanan pendamping ASI yang mengandung nutrisi, vitamin, mineral yang cukup meliputi:

1. Buah 

Buah memiliki kandungan vitamin dan serat yang baik untuk bayi di masa Mpasi. Untuk dapat memberikan buah saat Mpasi dapat dengan cara dikukus, dihaluskan. Gunakan buah seperti pisang, Alpukat, Apel, Pir, dan buah persik. 

2. Sayuran 

Sayuran memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh terutama pertumbuhan bagi. Untuk itu gunakan sayuran sebagai bahan untuk Mpasi dengan Kentang, Wortel, Ubi jalar, Labu manis, Kacang dengan cara dikukus atau dimasakan seperti bubur untuk bayi tanpa menggunakan garam dan gula. 

3. Bubur Nasi

Selain rasanya yang enak bubur nasi ini bagus untuk bayi di masa Mpasi karena mengandung karbohidrat yang baik untuk bayi. 

4. Bubur Sereal 

Bubur juga dapat dibuat dari sereal yang mengandung biji-bijian tunggal seperti gandum, barley, millet, oat dll. Sereal ini dapat dibuat dengan cara dikeringkan dan dimasak menjadi bubur untuk bayi. 

5. Bubur ayam kampung 

Bubur ini mengandung karbohidrat, protein dan sayuran yang dibuat dengan nasi, Ayam serta sayuran tambahan seperti wortel, jagung. Untuk memasaknya dengan cara haluskan semua bahan hingga halus kemudian masak dengan air sampai menjadi bubur. 

Untuk menghindari terjadinya alergi pada makanan yang diberikan cobalah dalam 1-3 hari jika mengeluarkan reaksi dalam waktu yang disebutkan seperti muntah, diare, ruam kemerahan, dan kembung perut segera berhentikan bahan-bahan yang digunakan dan cobalah untuk mengganti dengan bahan yang lain. Jika tidak menimbulkan gejala alergi maka dapat dilanjutkan. 

Buatlah Mpasi sebaik mungkin dengan kandungan nutrisi-nutrisi yang baik untuk kesehatan, perkembangan serta pertumbuhan bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro