Alexander Graham Bell/history
Relationship

Sejarah 7 Maret, Telepon Pertama Kali Dipatenkan Alexander Graham Bell

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 7 Maret 2023 - 08:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 7 Maret 1876, merupakan sejarah dimana Alexander Graham Bell diberikan paten untuk penemuannya yang dia sebut telepon.

Hari Alexander Graham Bell dirayakan pada tanggal 7 Maret setiap tahun. Pada hari inilah Bell diberi hak paten untuk “mentransmisikan vokal atau suara lain secara telegrafis,”

Dan pada 10 Maret, jadi hari dimana panggilan telepon pertama dilakukan antara Bell dan asistennya Thomas Watson.

Orang di seluruh dunia merayakan 7 Maret sebagai hari inovasi dan penemuan. Bahkan, hari itu diakui sebagai hari libur nasional di Nova Scotia, Kanada.

Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan dan penemu yang terkenal karena menemukan telepon. Bell lahir pada tanggal 3 Maret 1847, dan sepanjang hidupnya, dia didorong oleh ibunya yang sebagian tuli untuk melanjutkan studi ilmiah.

Ayah Bell adalah seorang tokoh berpengaruh yang mengajar siswa tunarungu dan memupuk komunikasi dalam komunitas tunarungu, sesuatu yang Bell sendiri kuasai sejak usia sangat muda.

Bell terus bekerja dengan komunitas tunarungu sepanjang hidupnya dan akhirnya menikahi seorang wanita tunarungu seperti yang dilakukan ayahnya.

Ibunya, Eliza Grace Symonds, dan istrinya, Mabel Gardiner Hubbard, keduanya kehilangan pendengaran karena penyakit masa kecil.

Tekad Bell untuk membantu orang tuli itulah yang menginspirasi sebagian besar penemuannya, termasuk telepon. Dia sedang mengerjakan perbaikan pada sistem telegraf ketika dia mendapat ide untuk mencoba mentransmisikan ucapan secara telegraf, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Itulah yang menyebabkan telepon. Telepon telah menjadi bagian penting dari masyarakat kita saat ini, dan banyak inovasi dalam komunikasi telah dilakukan sejak saat itu.

Selain telepon, Bell juga menemukan detektor logam dan mengembangkan Hydrodome, sebuah perahu yang mencetak rekor kecepatan laut dunia pada tahun 1919. Dia adalah presiden terpilih kedua dari National Geographic Society.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro