Menu sarapan untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi/Freepik
Health

Beragam Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 9 Maret 2023 - 21:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Berdasarkan survei Herbalife Nutrition bertajuk Asia Pacific Breakfast Habits Survey 2021, dua dari lima (37 persen) Gen Z dan Milenial mulai lebih sering menyiapkan sarapan pada pagi hari.

Sedangkan setengah dari responden sudah memulai untuk melakukan sarapan, mereka mulai melakukan sarapan enam sampai tujuh hari per minggu.

Dalam hal kebiasaan sarapan harus mempertimbangkan dua hal utama yaitu frekuensi sarapan dan nutrisi yang terkandung dalam menu sarapan sehat.

Sarapan dengan campuran nutrisi yang benar akan membuat Anda siap untuk melakukan aktivitas seharian penuh dan memberikan energi yang stabil. 

 “Sarapan yang sehat dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk menciptakan komunitas yang sehat dan bugar.

Berbagai penelitian dan publikasi kesehatan menunjukkan bahwa daya tahan dan kemampuan tubuh untuk melakukan pekerjaan dengan produktivitas yang memadai akan dimiliki oleh individu dengan nutrisi yang baik.

Namun, kesibukan masyarakat modern saat ini sering menjadi hambatan untuk sarapan di pagi hari,” ujar Senior Director and General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi

Berikut beragam manfaat sarapan pagi 

1. Sumber Energi untuk Menjalani Aktivitas Harian

Karbohidrat saat sarapan akan menjadi sumber energi bagi tubuh. Hal ini karena saat tidur, kadar glukosa dapat turun. Dengan mengkonsumsi sarapan sehat, tubuh akan mendapatkan asupan glukosa sehingga tubuh lebih berenergi dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Sarapan dapat membantu tubuh mendapatkan nutrisi harian, seperti vitamin B, folat, kalsium, zat besi, hingga serat. Untuk memperoleh manfaat sarapan pagi, sebaiknya mengkonsumsi menu sarapan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan sedikit lemak agar kenyang lebih lama.

3. Menjaga Pola Makan agar Tetap Sehat

Sebaiknya mulai membiasakan diri untuk rutin sarapan karena pola makan akan lebih sehat daripada orang-orang yang jarang sarapan pagi. Pasalnya, jika sarapan, akan terhindar dari kebiasaan ngemil yang tidak sehat. Hal ini juga berguna bagi Anda yang tengah menjalani program diet.

4. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Manfaat sarapan pagi yang akan terasa khususnya bagi Anda yang sedang diet adalah dapat mengendalikan berat badan. Sarapan pagi mampu menghindari Anda dari obesitas karena dapat mencegah fluktuasi kadar gula darah besar-besaran dan menghindari rasa lapar yang berlebihan. Selain itu, sarapan pagi dapat membantu Anda untuk menghindari keinginan ngemil berlebih.

5. Mengontrol Gula Darah agar Tetap Stabil

Melewatkan sarapan dapat mengakibatkan gula darah menurun. Jika tidak ditangani, Anda bisa lemas, berkeringat dingin, dan merasa sangat lapar. Untuk mencegah penurunan kadar gula darah, Anda disarankan rutin sarapan pagi agar gula darah tetap normal.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin sarapan pagi ternyata dapat meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular. Namun, manfaat sarapan tersebut hanya bisa didapat jika Anda  mengkonsumsi menu sarapan yang sehat dan bergizi sehingga kadar kolesterol LDL menurun.  Kemudian, sarapan sehat juga dapat meningkatkan sel-sel otot jantung sehingga terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung.

7. Meningkatkan Metabolisme

Saat tidur, tubuh tidak memperoleh asupan sama sekali sehingga kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi saat sarapan dapat menjadi sumber energi untuk beraktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro