Oatmeal/boldsky.com
Health

Ini Sarapan Ideal untuk Penderita Asam Lambung

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 5 Oktober 2022 - 08:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penderita asam lambung, mudah terpicu penyakitnya dengan makanan yang mereka konsumsi.

Karena itu, sangat penting bagi penderita untuk mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Saat sarapan juga, ada beberapa makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi.

Berikut daftar sarapan yang tepat untuk penderita asam lambung dilansir dari gastrocenternj:

1.Buah dan Sayuran Mengandung Alkali

Apel, pisang, kelapa, aprikot, alpukat, pir, dan blueberry adalah contoh buah alkali. Ganti buah asam untuk ini dan tambahkan sebagai topping untuk sereal, oatmeal, atau panekuk Anda.

Kentang, labu, dan zucchini termasuk di antara sayuran alkali yang ramah untuk sarapan. Hancurkan dan panggang sayuran ini bersama-sama untuk membuat tots tater sehat.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan kuat yang luar biasa dengan sedikit atau tanpa kandungan asam. Oatmeal membuat Anda kenyang lebih lama, mudah dicerna, dan sangat bergizi. Campurkan secangkir susu almond atau setengah cangkir susu skim untuk menambah rasa. Tambahkan buah-buahan rendah asam seperti apel dan pisang untuk membuat oatmeal Anda sedikit lebih istimewa.

3. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meningkatkan pencernaan makanan dan mencegah refluks asam setelah makan. Ganti kopi dan teh pagi Anda dengan teh jahe yang direndam. Tutup dengan sendok madu.

4. Sayuran hijau

Sayuran seperti bayam, selada, dan kangkung bisa disulap menjadi menu sarapan yang sehat. Aduk telur rebus dan beberapa potongan ayam dengan selada parut untuk membuat salad sarapan yang lezat. Bayam dan kangkung dapat dicincang, bersama dengan jamur dan kacang polong, untuk omelet pagi yang lezat. Sayuran hijau adalah makanan rendah asam dan bervolume tinggi yang akan membantu menetralkan asam di perut.

5. Ayam dan kalkun

Protein tanpa lemak seperti ayam dan kalkun membuat sarapan yang enak. Gunakan daging babi giling atau kalkun untuk membuat bakso, nugget, dan potongan sarapan untuk dinikmati setiap pagi. Untuk menjaga daging tanpa lemak tetap aman bagi penderita refluks asam, pertimbangkan untuk memanggangnya dalam oven daripada melemparkannya ke dalam wajan.

6. Susu Almond atau Kedelai

Muffin sereal, oatmeal, dan sarapan tidak harus membosankan. Menambahkan sedikit susu almond atau susu kedelai dapat membawa sarapan ke tingkat yang sama sekali baru. Perhatikan bahwa tidak semua susu berbahan dasar kacang memiliki pH yang sama. Susu jambu mete, misalnya, dianggap sebagai makanan pembentuk asam, dan dapat menyebabkan refluks asam saat sarapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro