Ilustrasi - Mencintai diri sendiri/Istimewa
Relationship

Ini 12 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Sabina Arla Yogandini
Senin, 20 Maret 2023 - 23:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi pribadi yang lebih baik, bukan berarti Anda harus keras terhadap diri sendiri. Anda bisa menginvestasikan hal-hal baik di dalam diri Anda sendiri.

Saat kualitas diri Anda meningkat, maka Anda akan semakin siap untuk memperlakukan orang-orang di sekitar Anda dengan cara yang sama. Selain itu, berbuat baik kepada orang lain dapat membuat hidup Anda lebih bermakna karena dengan begitu dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

Dilansir dari healthline.com, ini cara menjadi pribadi yang lebih baik:

1. Menumbuhkan rasa syukur

Membuat catatan harian tentang apa yang Anda syukuri dapat memberikan efek besar pada pola pikir Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa membiasakan diri untuk bersyukur dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu mencegah stres, meningkatkan kualitas tidur, dan mengembangkan hubungan sosial yang lebih positif.

Anna Hennings, MA, seorang pelatih performa mental dalam psikologi olahraga, menyarankan penggunaan akronim GIFT untuk membantu Anda menemukan hal-hal yang patut disyukuri.

2. Sapa setiap orang yang Anda temui

Seorang psikolog, Madeleine Mason Roantree mengatakan bahwa sebagai pribadi upayakan  untuk menyapa orang-orang di sekitar Anda saat Anda melihat mereka, Misalnya dengan melakukan gestur sekadar mengangguk atau tersenyum kepada orang asing yang lewat atau mengucapkan "selamat pagi" kepada orang yang berpapasan dengan Anda. 

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan menyadari bahwa Anda merasa lebih terkoneksi  dengan orang-orang di sekitar Anda, meskipun sebenarnya Anda tidak memiliki hubungan dekat dengan mereka.

3. Cobalah detoks digital

Jika Anda merasa tidak ada yang dapat Anda lakukan, cobalah untuk menjauhkan diri dari ponsel dalam waktu yang singkat karena hal tersebut  dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. 

Sebagai gantinya, Anda dapat melakukan hal lain dengan berjalan-jalan sambil melihat alam sekitar dan bertemu dengan teman secara langsung  karena dengan begitu Anda dapat fokus pada hal yang membuat Anda senang. 

4. Gunakan pembicaraan diri yang positif

Mudah bagi Anda untuk terjebak pada sikap yang terlalu keras  mengenai kegagalan yang dialami. Pembicaraan diri yang negatif seperti itu dapat menurunkan motivasi Anda. untuk itu, Anda perlu mencoba untuk berbicara yang positif terhadap diri sendiri dengan menyatakan sebuah fakta dan menindaklanjutinya dengan sikap optimis. 

5. Mempraktikkan perbuatan baik secara acak

Berbuat baik kepada orang lain dapat membantu Anda memiliki tujuan hidup dan membuat Anda merasa tidak terlalu terisolasi.

6. Makanlah setidaknya satu kali dalam sehari dengan penuh perhatian

Di saat Anda sedang dilanda oleh kesibukan, mungkin Anda cenderung terburu-buru menyantap makanan tanpa memperhatikan tubuh Anda. Apabila Anda makan penuh dengan perhatian, akan  memberi kesempatan untuk mengecek kondisi fisik dan emosi Anda.

Ambilah sebuah makanan, walau hanya roti saja dan dan luangkan waktu Anda untuk memakannya. Perhatikan rasa dan tekstur yang berbeda. "Ini adalah jenis meditasi mini yang dapat bertindak sebagai 'penghilang stres' sederhana," kata Roantree.

7. Tidur yang cukup

Tidak beristirahat dengan cukup dapat membuat Anda merasa uring-uringan dan tidak produktif sepanjang hari. Anda perlu menemukan cara untuk meningkatkan kualitas tidur Anda dengan mengurangi konsumsi kafein di sore hari, mengonsumsi suplemen melatonin, atau bersantai dengan berendam air hangat atau mandi sebelum tidur. Anda juga perlu mengusahakan untuk memiliki waktu tidur tujuh hingga delapan jam per hari. 

8. Bernapaslah dengan sadar

Luangkan waktu sejenak di beberapa tempat atau sebelum tidur untuk fokus pada pernapasan Anda. Berlatih beberapa menit sehari untuk bernapas dalam-dalam telah terbukti dapat meningkatkan respons relaksasi pada tubuh dan mengurangi stres.

9. Membersihkan selama 30 menit

Perasaan Anda terhadap tempat tinggal Anda bisa mempengaruhi apakah waktu Anda di tempat tersebut bisa membuat Anda merasa tenang atau stres. Jika Anda memiliki waktu luang selama 30 menit, siapkan timer dan cobalah untuk mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga untuk menambah kecerahan pada hari Anda, seperti  membersihkan cermin kamar mandi Anda, membereskan meja kerja Anda, dan gunakan masker wajah di kamar mandi yang baru saja Anda bersihkan.

10. Memaafkan diri sendiri dan orang lain

Catherine Jackson, seorang psikolog klinis berlisensi dan ahli terapi saraf mengatakan bahwa memendam rasa tidak memaafkan akan menumbuhkan pikiran negatif. Oleh sebab itu, putuskan untuk melepaskannya dan buatlah rencana untuk tidak pernah tidur dalam keadaan marah. 

11. Lakukan perawatan diri sendiri

Masih ada anggapan bahwa perawatan diri untuk menghilangkan stres hanya sekadar manicure dan perawatan spa saja. Namun menurut Jackson, perawatan diri setiap hari lebih dari sekadar memanjakan diri. Dia mengatakan bahwa perawatan ini juga tentang makan dengan baik dan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung otak dan tubuh Anda. 

Untuk itu, pastikan Anda untuk meluangkan waktu sekitar 10 sampai 20 menit untuk berolahraga atau menggerakkan tubuh, meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain, dan memiliki waktu relaksasi atau istirahat untuk diri sendiri.

12. Bersikap baik pada diri sendiri

Banyak orang yang masih memiliki kebiasaan untuk memikirkan omongan orang lain terhadap dirinya. Daripada menyikapi sesuatu secara pribadi dan bersikap kritis terhadap diri sendiri, lebih baik untuk memberikan dampak positif kepada orang-orang di sekitar Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro