5 Cara Menahan Lapar Saat Puasa, Apa Saja_ - Freepik
Health

5 Cara Menahan Lapar Saat Puasa, Apa Saja?

Nuraini
Minggu, 26 Maret 2023 - 15:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat berpuasa, kita tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman selama satu hari penuh. Kondisi tersebut tentu saja membuat kita merasa lapar.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa cara menahan lapar saat puasa. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Cara Mengatasi Lapar Saat Puasa

  1. Konsumsi makanan yang bisa menahan lapar

Cara menahan lapar saat puasa yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menahan lapar. Ada sejumlah makanan yang dapat membantu Anda untuk bisa kenyang lebih lama. Mengkonsumsi makanan tersebut bisa membuat tahan lapar selama menjalankan ibadah puasa.

Anda dapat mengkonsumsi makanan ini sebagai menu sahur di pagi hari. Berikut ini beberapa pilihan makanan yang dapat dikonsumsi agar bisa tahan lapar selama berpuasa.

  • Karbohidrat kompleks: jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan membuat Anda kenyang lebih lama. Contohnya; kentang nasi merah, oat, ubi, dan lain sebagainya. 
  • Protein: jenis makanan ini merupakan sumber energi. Contohnya; daging ayam, telur, tahu, daging merah, dan tempe. 
  • Lemak tak jenuh: jenis makanan ini membantu untuk menjaga berat badan. Contohnya ada minyak zaitun, salmon, dan kacang tanpa garam. 
  • Buah dan sayur: jenis makanan ini kaya akan vitamin dan mineral. Contohnya yaitu kurma, pisang, alpukat, buncis, brokoli, dan jagung.
  • 2 liter cairan: bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Contohnya yaitu air putih, air kelapa, dan sup.

Selama bulan puasa cobalah untuk menghindari makanan yang kurang nutrisi seperti mie instan. Makanan tersebut akan membuat tubuh Anda lelah, lemah, bahkan lapar di saat siang hari.

  1. Porsi makan yang cukup

Cara menghilangkan rasa lapar saat puasa lainnya yaitu dengan makan dalam porsi yang cukup pada saat sahur. Makan dengan porsi yang cukup akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hari. 

Meskipun Anda sedang menurunkan berat badan, tetapi makan dengan porsi yang cukup menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Jika Anda kekurangan nutrisi pada saat puasa, maka akan mempengaruhi fungsi dari organ tubuh dan bisa menghambat kinerja otak selama berpuasa.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan harian

Cara menahan lapar saat puasa berikutnya yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan harian. Agar Anda tidak cepat haus, maka penting untuk memenuhi kebutuhan cairan pada saat sahur. Dehidrasi karena ada kekurangan cairan bisa menyebabkan sakit kepala, kram otot, bahkan memperburuk rasa lapar. 

Penuhi kebutuhan cairan harian dalam mengkonsumsi 2 liter cairan secara berkala saat berbuka sampai waktu sahur. 

  1. Alihkan rasa lapar dengan kesibukan lain

Cara agar tidak mudah lapar saat puasa yaitu dengan mengalihkan rasa lapar sembari melakukan kesibukan lainnya. Lakukan pekerjaan seperti berkebun atau pekerjaan lainnya yang bisa mengalahkan rasa lapar tersebut. Biasanya jika kita menjalankan aktivitas, maka lapar tidak akan terasa. 

  1. Beristirahat

Cara menahan lapar saat puasa yang terakhir dengan beristirahat. Saat berpuasa, mungkin kita akan mudah merasa lemah dan lelah. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan beristirahat. Tidur yang cukup akan membuat tubuh kembali berenergi dan membuat mood lebih terjaga. 

Di bulan Ramadhan, Anda bisa menyempatkan diri untuk tidur di siang hari agar tubuh tidak terasa lemas. Selain itu, pastikan tidur lebih awal di malam hari agar bisa bangun sahur tepat waktu dan menjaga kondisi tubuh tetap bugar. 

Itulah beberapa cara menahan lapar saat puasa yang bisa Anda coba lakukan. Selain cara diatas, Anda mungkin memiliki strategi lain yang bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro