Beyonce dan Jay-Z/Istimewa
Entertainment

Jay-Z jadi Rapper Terkaya di Dunia, Hartanya Capai Rp37,7 Triliun

Arlina Laras
Selasa, 28 Maret 2023 - 18:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jay-Z menjadi musisi hip hop terkaya di dunia dengan lonjakan kekayaan bersih hingga US$2,5 miliar atau setara dengan Rp37,7 triliun. 

Sebelumnya pada 2022, Jay Z menduduki puncak daftar Forbes dengan kekayaan bersih US$1,5 miliar atau setara dengan Rp22,6 triliun. 

Melansir dari laporan Forbes Real Time Net Worth Jumat (24/3/2023), kekayaan Jay-Z tidak hanya berasal dari pendapatan langsung dari album dan tur konser, tetapi juga dari bisnis-bisnis yang dirinya miliki. 

"Walaupun tanpa album atau tur konser selama setahun, Jay Z mencetak jutaan (dolar) dari sampanye Armand de Brignac dan cognac D'Ussé-nya," tulis Forbes. 

Berkat kerajaan bisnis yang luas, rapper kelahiran Brooklyn Amerika Serikat ini menyandang gelar miliarder hiphop versi Forbes pada 2019.

Selain menjadi seorang rapper, Jay-Z juga sukses sebagai pengusaha di industri musik. Dirinya adalah pendiri label rekaman Roc Nation, serta perusahaan streaming musik Tidal. Jay-Z juga memiliki investasi dalam bisnis mode, restoran, dan minuman.

Hal yang membuat bisnisnya melonjak, kala bintang rap itu menjual 50 persen saham merek Champagne mewah miliknya, Armand de Brignac kepada LVMH seharga US$300 juta atau setara dengan Rp4,6 triliun. Lalu, sahamnya di uber bernilai sekitar US$70 juta atau setara dengan Rp1,05 triliun.

Tidak hanya itu, dia pun ikut melepaskan kepemilikan TIDAL, layanan streaming musik global pertama dengan suara fidelitas tinggi, kualitas video tinggi sebesar US$302 juta atau setara dengan Rp4,6 triliun ke Square. Portofolionya juga mencakup kemitraan dengan Puma dan Tiffany & Co.

Jay-Z sendiri memulai karirnya sebagai rapper pada awal tahun 1990-an dan kemudian merilis album debutnya "Reasonable Doubt" pada tahun 1996. 

Selama bertahun-tahun, dia terus merilis album yang sukses secara komersial, seperti "The Blueprint" dan "The Black Album", serta kolaborasi dengan beberapa artis terkenal, termasuk Beyoncé, Rihanna, dan Kanye West.

Kesuksesan Jay-Z dalam industri musik dan bisnis telah membawanya meraih banyak penghargaan dan kekayaan. Dia telah menerima banyak penghargaan, termasuk 22 penghargaan Grammy, dan Jay-Z menjadi rapper pertama yang diterima di Songwriters Hall of Fame pada tahun 2017.

Di sisi lain, Sean “P. Diddy” Combs, rapper Amerika ini telah menggeser posisi rapper Kanye West. Dirinya menduduki musisi hip hop terkaya ke dua berkat kesuksesan kemitraan Ciroc -nya yang berkelanjutan dengan Diageo, DeLeon Tequila, dan jaringan REVOLT. 

Sebagai informasi, Kanye West bukan lagi seorang miliarder setelah kekayaan bersihnya yang mencapai US$1,5 miliar atau setara dengan Rp22,6 triliun merosot ke US$400 juta atau sekitar Rp6,03 triliunm setelah Adidas memutuskan kontraknya di tengah skandal anti-Semitnya. 

Laporan kekayaan bersih Jay-Z saat ini muncul setelah dirinya mendapat US$750 juta atau setara dengan Rp11,3 triliun ketika Bacardi membeli saham mayoritas merek D'usse Cognac miliknya pada bulan Februari, setelah pertarungan pengadilan yang sengit. Dia masih mempertahankan kepemilikan merek yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro