10 Stadion Terbesar di Dunia, Apa Saja_ (pixabay)
Travel

Daftar 10 Stadion Terbesar di Dunia, Kesatu di Korea Utara

Nuraini
Rabu, 5 April 2023 - 13:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stadion adalah bangunan yang biasanya digunakan untuk aktivitas olahraga, seperti sepak bola.

Namun, pada kenyataannya stadion sering dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang memerlukan tempat dengan kapasitas besar.

Hampir semua negara memiliki stadion dengan kapasitas yang berbeda-beda. Bahkan, ada stadion yang dinobatkan sebagai stadion terbesar di dunia.

Daftar Stadion Terbesar di Dunia

Jika dilihat dari kapasitasnya, berikut ini sejumlah stadion terbesar di dunia yang mampu menampung ratusan ribu hingga puluhan ribu penonton.

1. Stadion Rungrado May Day

Di posisi pertama ada Stadion Rungrado May Day di Korea Utara yang menjadi stadion terbesar di dunia. Kapasitas stadion ini mencapai 114.000 hingga 150.000 penonton. Stadion ini diresmikan pada tahun 1989 dan seringkali digunakan sebagai tempat Olimpiade Arirang.

Kapasitas yang sangat besar membuat stadion ini mendapatkan gelar stadion paling besar di dunia menurut Guinness Book of Records.

2. Stadion AT&T

Di Amerika Serikat ada juga stadion termegah di dunia yaitu Stadion AT & T. Stadion ini memiliki kapasitas penonton 105.000 orang. Selain kapasitasnya besar, pada bagian tengah stadion ini juga tergantung televisi.

3. Stadion Melbourne Cricket Ground

Stadion Melbourne Cricket Ground di Australia juga termasuk stadion yang paling besar di dunia. Stadion ini sering digunakan untuk tempat pertandingan sepak bola Internasional. Stadion ini memiliki kapasitas 100.024 penonton.

4. Stadion Camp Nou

Di posisi keempat, ada Stadion Camp Nou sebagai stadion terbesar di dunia. Kapasitas stadion ini 99.354 orang. Stadion ini dibangun pada 1975 dan sudah mengalami renovasi besar-besaran. Stadion ini sangat ikonik dan dihormati, maka dari itu saat renovasi memerlukan persetujuan dari penggemar.

5. Stadion FNB

Stadion FNB pernah menjadi tempat Piala Dunia 2010. Stadion ini berada di Kota Johannesburg, Afrika Selatan. Sebenarnya, stadion ini merupakan hasil rekonstruksi dari stadion asli yang dibuat pada tahun 1989 atau saat era Apartheid. Stadion FNB ini bisa menampung 94.736 penonton.

6. Stadion Rose Bowl

Stadion terbesar lainnya yang ada di Amerika Serikat yaitu Stadion Rose Bowl di Pasadena, California. Stadion ini bisa menampung sekitar 92.542 penonton. Pembangunan stadion ini dilakukan pada tahun 1922 dan selalu mengalami perluasan hingga bisa menampung puluhan ribu penonton.

7. Stadion Wembley

Pada posisi ketujuh, ada Stadion Wembley di Inggris yang menjadi salah satu stadion termegah di dunia. Ciri khas dari stadion ini yaitu adanya lengkungan besar yang merupakan tiang utama penyangga atap stadion tersebut.

Pembangunan stadion ini sangat lama hingga 5 tahun dan baru selesai di tahun 2007. Stadion ini bisa menampung 90.000 penonton dan sering digunakan sebagai tempat final FA Cup.

8. Stadion Estadio Azteca

Stadion ini berada di Meksiko dan diresmikan pada 1966 dengan kapasitas mencapai 87.523 orang. Stadion terbesar di dunia ini dilengkapi dengan tempat duduk premium yang bisa digunakan sebanyak 856 orang. di tahun 1970 dan 1986, Stadion Estadio Azteca pernah digunakan untuk tempat Piala Dunia.

9. Stadion Nasional Bukit Jalil

Salah satu stadion terbesar di dunia ternyata ada di Asia Tenggara, tepatnya ada di Malaysia. Stadion ini berada dibangun pada 1998 dan bisa menampung sebanyak 87.411 orang. Stadion ini sering digunakan untuk pagelaran sepak bola internasional.

10. Stadion Borg El Arab

Di Mesir juga ternyata ada stadion terbesar di dunia. Stadion tersebut bernama Stadion Borg El Arab yang selesai dibangun pada 2007. Stadion ini bisa menampung 86.000 orang.

Tahun 2017 lalu, stadion ini sempat dipadati penonton yang menyaksikan babak kualifikasi Kongo vs Mesir pada Piala Dunia 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro