Ilustrasi plat kendaraan./Pixabay-Bru-No
Fashion

Deretan Plat Mobil Termahal di Dunia, Ada yang Rp360,2 Miliar

Arlina Laras
Kamis, 13 April 2023 - 11:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun bagi sebagian orang, plat nomor mungkin hanya dianggap sebagai nomor identifikasi standar, namun bagi kolektor dan pecinta otomotif, plat nomor dapat menjadi sebuah investasi yang sangat berharga. 

Beberapa orang kaya memandang plat nomor yang mahal sebagai simbol status dan kemewahan. Beberapa juga mengumpulkan pelat nomor sebagai koleksi, yang seringkali memiliki nilai historis atau sentimental. 

Saat ini, publik tengah dihebohkan dengan kabar soal plat nomor dengan kode "P 7" yang telah terjual pada lelang di Dubai dengan harga US$15 juta atau setara dengan Rp222,1 miliar dan dianggap sebagai plat nomor termahal yang terjual tahun ini, pada Senin (10/4/2023). 

Pelat nomor ini hanya menampilkan satu huruf dan satu angka, dan hasil pelelangannya akan disumbangkan ke badan amal bantuan makanan yang dipimpin oleh Sheikh Mohammed bin Rashid, penguasa Dubai. Pembeli plat nomor ini tidak ingin diungkapkan identitasnya. 

Sebelumnya, plat nomor termahal yang terjual adalah pelat nomor satu digit "1" dengan harga US$14,2 juta pada 2008, juga dalam lelang yang diselenggarakan oleh Emirates Auction dan dibeli oleh Saeed Abdul Ghaffar Khouri dari Uni Emirat Arab. 

Lantas, mana saja daftar plat kendaraan termahal di dunia? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. MM – AS, Rp360,2 miliar

Pelat nomor MM di California adalah pelat nomor termahal di dunia dengan harga US$24,3 juta atau setara dengan Rp360,2 miliar. 

Pelat nomor MM diambil dari inisial Michael Modecki, pemilik pertama pelat nomor tersebut. Pelat nomor ini juga dilengkapi dengan teknologi NFT (Non-Fungible Token), yang semakin menambah nilai dan eksklusivitas pelat nomor ini. 

Pelat nomor MM dijual di pasar NFT OpenSea dengan harga yang diminta sebesar 5.888 Ethereum cryptocurrency.

2. F1 – Inggris, Rp296,5 miliar

Saya mengerti bahwa pelat nomor F1 di Inggris dijual seharga US$20 juta atau setara dengan Rp296,5 miliar oleh pemilik saat ini, Afzal Kahn, yang juga seorang desainer dan pengusaha otomotif. 

Pelat nomor F1 adalah salah satu plat nomor paling langka dan bergengsi di Inggris, karena terkait dengan ajang balap Formula 1 yang sangat populer. 

3. New York – AS, Rp296,5 miliar

plat nomor "New York" dijual seharga US$20 juta atau setara dengan Rp296,5 miliar oleh keluarga yang sama yang memilikinya sejak akhir 1970-an. 

Sejak akhir 1970-an, negara bagian New York memang sudah memungkinkan pemilik kendaraan untuk mempersonalisasi plat nomornya.

Keluarga tersebut membeli plat nomor tersebut dengan harga murah pada waktu itu dan sekarang menjadi satu-satunya plat nomor "New York" legal jalanan yang ada.

Meskipun harga yang diminta sebesar US$20 juta terlihat sangat mahal, namun plat nomor tersebut memiliki nilai historis dan sentimental bagi keluarga tersebut. Selain itu, mobil Volvo tua yang mengenakan plat nomor tersebut juga menjadi bagian dari sejarah dan cerita keluarga tersebut.

4. AA9 – Dubai, Rp148,2 miliar

Dalam kasus ini, ada pembeli yang tidak ingin diungkapkan namanya. Menariknya, keuntungan dari penjualan plat nomor AA9 seharta US$10 juta atau setara dengan Rp148,2 miliar ini diarahkan ke amal melalui Kampanye Satu Miliar Makanan. 

Kampanye tersebut bertujuan untuk memberikan makanan bagi orang yang kurang mampu di seluruh dunia. 

5. D5 – Dubai, Rp142,3 miliar

Pengembang properti Balwinder Sahni kembali menjadi pemenang dari lelang kali ini. Dirinya meraih pelat D5 untuk salah satu Rolls-Royce miliknya pada Oktober 2016 seharga US$9,6 juta Rp142,3 miliar.

Mengapa D5? Karena D adalah huruf keempat dari abjad Inggris, dan 4 + 5 = 9, angka yang sama dengan yang disebutkan sebelumnya dalam daftar ini.

6. AA8 – Dubai, Rp140,8 miliar

nomor plat AA8 dijual seharga US$9,5 juta atau setara dengan Rp140,8 miliar dan dibeli oleh Balvinder Sahni, seorang taipan properti yang terkenal dengan koleksi pelat nomor yang sangat mahal. Dia membeli nomor plat AA8 untuk menandai salah satu dari enam Rolls-Royce miliknya.

7. 1 – Abu Dhabi, Rp140,8 miliar

Pada tahun 2008, Saeed Abdul Ghaffar Khouri, seorang maestro properti, membayar US$9,5 juta atau setara dengan Rp140,8 miliar dalam sebuah lelang untuk mendapatkan nomor plat kendaraan nomor 1 di Abu Dhabi. 

Ketika ditanya mengapa ia membayar harga yang sangat mahal, Khouri menjawab bahwa dia membelinya karena nomor tersebut dianggap sebagai nomor terbaik. 

Di Abu Dhabi, kendaraan dan nomor plat kendaraan adalah simbol kekuatan dan status sosial, dan dengan memasang nomor plat 1 di kendaraannya, Khouri dengan percaya diri menunjukkan status dan martabatnya.

8. 09 – Dubai, Rp84,5 miliar

Pada 7 Juli 2015, nomor plat kendaraan 09 dijual di Dubai dengan harga US$5,7 juta atau setara dengan Rp84,5 miliar. 

Informasi tentang nomor plat ini sangat sedikit, namun di UEA, nomor plat kendaraan dapat memiliki kategori yang berbeda, sehingga nomor yang sama bisa dikeluarkan lebih dari satu kali. Oleh karena itu, nomor plat 09 ini umumnya dianggap berbeda dari nomor plat 9. 

9. 5 – Abu Dhabi, Rp68,1 miliar

Pengembang properti asal Dubai bernama Balwinder Sahni membayar US$4,6 juta atau setara dengan Rp68,1 miliar dalam lelang pemerintah di Abu Dhabi pada Oktober 2016 untuk mendapatkan nomor plat kendaraan nomor 5. 

Sahni menyatakan harapannya bahwa uang tersebut akan digunakan oleh pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur kota. Alasan Sahni mengharapkan infrastruktur kota yang lebih baik adalah agar jalan menjadi lebih mulus sehingga mobil Rolls Royce-nya yang berjumlah delapan tidak rusak. 

Selain itu, Sahni juga berencana untuk membangun sebuah rumah megah di atas nomor plat kendaraan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro