Ilustrasi makanan yang boleh dikonsumsi selama menjalani diet keto/Freepik
Health

Diet Keto Menyebabkan Diare? Ini Cara Mengatasinya

Sabina Arla Yogandini
Senin, 24 April 2023 - 14:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badan akan melakukan banyak hal, termasuk menjalankan rencana diet. Salah satu program diet yang populer adalah diet keto

Namun, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa diet keto ini juga dapat menyebabkan diare. Sebagai contoh, Anda akan mengalami kesulitan buang air besar karena mengikuti diet keto.

Dilansir dari Health Shots, diet keto adalah terapi diet yang terdiri dari makanan yang mengandung lemak berlebihan, rendah karbohidrat dan memiliki jumlah protein yang cukup. Metode diet ini akan membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan.

Tubuh seseorang akan mengalami kondisi ketosis saat menjalani diet keto. Pada kondisi ini, tubuh tidak menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar, melainkan lemak. Program diet keto ini menyebabkan perubahan pada saluran pencernaan, termasuk diare. 

Diet keto berfokus pada makanan yang banyak lemak dan sedikit karbohidrat. Makanan yang mengandung banyak lemak membuat hati mengeluarkan lebih banyak empedu. Produksi empedu yang berlebihan dapat menyebabkan sistem pencernaan memindahkan limbah menjadi lebih cepat sehingga mengakibatkan diare. 

Dilansir dari Health Shots, ini cara untuk mengatasi diet keto yang menyebabkan diare:

1. Kurangi produk susu

Anda mungkin akan mengonsumsi susu dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya selama menjalankan program diet keto. Namun, perlu Anda ketahui bahwa produk susu utuh mengandung lemak tinggi. Perubahan pola makan selama melakukan diet ini dapat menjadi indikasi intoleransi produk susu yang memiliki gejala seperti diare dan kembung.

2. Konsumsi lebih banyak serat

Anda dapat mengatasi sembelit atau diare dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat seperti mentimun, kembang kol, dan kubis.  Makanan tersebut yang dapat menjadi pelengkap program diet keto Anda. 

3. Tetap terhidrasi

Jika Anda mengalami diare, penting bagi Anda untuk minum air putih yang banyak untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Cairan dan elektrolit yang hilang ini dapat digantikan oleh air dan minuman elektrolit bebas gula.

4. Sertakan prebiotik dan probiotik

Saat mengikuti diet keto, mengonsumsi lebih banyak makanan yang tinggi probiotik dan prebiotik dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Hal tersebut sebagai upaya preventif dalam mengurangi efek samping pencernaan dari diet keto.

5. Konsumsi makanan fermentasi

Adapun makanan fermentasi yang dapat membantu melancarkan pencernaan, salah satunya kimchi. Namun, apabila Anda tidak menyukai kimchi, Anda dapat mengonsumsi makanan fermentasi  lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro