Ilustrasi perceraian/Istimewa
Relationship

Ini 4 Tanda Hubungan Mengarah Pada Perceraian

Sabina Arla Yogandini
Senin, 24 April 2023 - 17:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam hubungan rumah tangga, tak jarang ada sejumlah masalah yang dapat berujung pada perpisahan atau perceraian. Tak hanya faktor eksternal saja, tindakan seorang dalam menyelesaikan permasalahan juga dapat menentukan arah hubungan kedepannya. 

Ada banyak tanda yang memperlihatkan bahwa hubungan Anda sedang menuju ke arah perceraian. Adapun tanda yang mengindikasikan bahwa hubungan Anda akan segera berakhir.

Dilansir dari Times of India, berikut adalah 4 tanda yang dapat memprediksi perceraian:

1. Kritik yang beracun

Hal ini biasanya melibatkan penyerangan terhadap karakter atau kepribadian pasangan, ketimbang membahas perilaku atau tindakan tertentu. Kritik dapat merusak hubungan emosional antara pasangan dan meningkatkan potensi perceraian.

Menurut penelitian, ketika Anda menggunakan kata 'tidak pernah' dan 'selalu', artinya saat itu Anda sedang menghakimi dan mengomentari karakter pasangan Anda, alih-alih berfokus pada masalah yang sedang dihadapi.

2. Defensif

Defensif yang kami maksud adalah kecenderungan untuk menanggapi kritik dengan sikap defensif, penyangkalan, atau serangan balik. Ketika pasangan bersikap defensif, hubungan bisa menjadi semakin panas dan berujung pada keretakan hubungan. 

Dengan bersikap defensif, Anda hanya akan mencari-cari alasan dan tidak bertanggung jawab atas tindakan atau kesalahan yang telah Anda perbuat. Untuk menghindari hal itu, apabila Anda dan pasangan tengah dihadapkan oleh suatu masalah, Anda harus bertanggung jawab atas kesalahan yang Anda perbuat dan teguran atau keluh kesah yang disampaikan oleh pasangan Anda agar tidak memperkeruh hubungan Anda. 

3. Stonewalling

Stonewalling adalah menarik diri dari komunikasi atau menutup diri secara emosional selama konflik. Tindakan seperti itu akan menghambat penyelesaian masalah dan meningkatkan risiko perceraian. 

Tak jarang hal ini dilakukan oleh sejumlah pasangan yang melakukan kesalahan dengan mempraktikkan perlakuan diam (silent treatment) yang akan semakin memperkeruh hubungan. Oleh karena itu, pasangan yang tengah bertengkar, perlu untuk meredakannya dan belajar untuk mengenali ketika salah satu pasangan kewalahan atas pertengkaran tersebut. 

4. Penghinaan

Anda mungkin tidak menyadari bahwa ketika Anda menghela napas, memutar mata, mengejek pasangan Anda, menyindir, atau menunjukkan ketidaksukaan pada pasangan Anda merupakan sebuah tanda penghinaan. Hal ini merupakan salah satu tanda yang paling berbahaya yang dapat dikatakan sebagai perusak hubungan. Jika tidak diatasi, hal ini akan berujung pada kebencian selama bertahun-tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro