Ilustrasi kalender berisi daftar hari libur dan cuti bersama 2022/Freepik.com
Travel

Dari India hingga Myanmar, Ini 10 Negara dengan Hari Libur Terbanyak di Dunia

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 27 April 2023 - 12:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu momen yang banyak dinanti oleh banyak orang adalah hari libur.

Tak hanya libur akhir pekan saja, pemerintah juga menetapkan hari libur nasional yang biasanya dalam momen tersebut terdapat perayaan penting seperti ulang tahun kemerdekaan dan hari penting keagamaan.

Banyak dari Anda yang mungkin sudah mengetahui bahwa tahun ini terdapat 16 hari libur nasional di Indonesia yang ditetapkan oleh pemerintah.

Tak hanya Indonesia saja, di negara lain pun juga memiliki hari libur nasional yang bervariasi.

Adapun negara-negara dengan jumlah hari libur nasional yang banyak dalam satu tahun.

Melansir dari CareerAddict, berikut adalah daftar negara dengan jumlah hari libur yang banyak:

1. Myanmar

Jumlah hari libur nasional: 32

Myanmar yang terdiri dari berbagai macam budaya menjadikannya negara yang menempati posisi teratas dalam daftar ini. Ada banyak hari libur nasional keagamaan di Myanmar, seperti Awal Masa Prapaskah Buddha (tanggal bervariasi), Natal (25 Desember), Idul Adha (tanggal bervariasi) dan Diwali (tanggal bervariasi), serta hari-hari bersejarah seperti Hari Kemerdekaan (4 Januari) dan Hari Perlawanan (27 Maret).

2. Nepal

Jumlah hari libur nasional: 30

Bersamaan dengan jumlah hari libur nasional yang mengesankan, negara ini juga menerapkan sistem kerja enam hari dalam seminggu. Sama halnya dengan Myanmar, budaya Nepal yang beraneka ragam membuat negara ini memiliki banyak hari libur nasional baik yang bersifat keagamaan maupun non-keagamaan.

Hari liburnya termasuk Hari Tahun Baru (14 April), Holi (tanggal bervariasi), Hari Konstitusi (19 September), Bijaya Dashami (tanggal bervariasi; peristiwa penting dalam kalender Nepal-Hindu), dan Nari Diwas (versi lokal dari hari perempuan internasional, dirayakan oleh perempuan hanya pada tanggal 8 Maret).

3. Iran

Jumlah hari libur nasional: 26

Sistem hari libur nasional di Iran sangat kompleks, dengan banyak hari libur nasional 'tidak resmi' setiap tahunnya sehingga total hari libur nasionalnya mencapai lebih dari 26 hari. Mayoritas hari libur nasional Iran ditetapkan berdasarkan hari dan peristiwa penting dalam kalender Islam, sedangkan hari libur nasional lainnya meliputi Hari Republik Islam, ulang tahun revolusi Islam, dan nasionalisasi industri minyak Iran. Mengingat Iran menggunakan kalender Hijriah matahari dan bulan, hanya ada sedikit tanggal yang ditetapkan untuk hari libur nasional mereka.

4. Sri Lanka

Jumlah hari libur nasional: 25

Hari raya keagamaan di Sri Lanka sangat beragam, tetapi juga memiliki banyak hari libur khusus yang saling berhubungan untuk negara ini. Sebagai contoh, Bak Full Moon Poya Day (April) memperingati kunjungan kedua Buddha ke Sri Lanka, dan Tahun Baru Sri Lanka dirayakan pada tanggal 13 dan 14 April.

5. Malaysia

Jumlah hari libur nasional: 23-25 (tergantung negara bagian)

Sebagian besar hari libur nasional di Malaysia bersifat sekuler dan mencerminkan keberadaan berbagai macam agama dan budaya yang ada di negara tersebut.

Ada beberapa hari libur nasional yang khusus untuk negara bagian tertentu, seperti Bulan Purnama Thaipusam (Januari atau Februari).

Sementara itu, hari libur nasional dirayakan di seluruh wilayah negara ini, meliputi Tahun Baru Imlek (Januari atau Februari), Hari Buruh (1 Mei), dan Hari Malaysia pada tanggal 16 September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro