Ilustrasi kalender berisi daftar hari libur dan cuti bersama 2022/Freepik.com
Travel

Dari India hingga Myanmar, Ini 10 Negara dengan Hari Libur Terbanyak di Dunia

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 27 April 2023 - 12:01
Bagikan

6. Bangladesh

Jumlah hari libur nasional: 22

Hari libur nasional di Bangladesh didominasi oleh perayaan keagamaan, yaitu empat hari raya Islam, dua hari raya Hindu, dan masing-masing satu hari raya Buddha dan Kristen. Selain itu, ada berbagai hari libur nasional, seperti Hari Martir Bahasa (21 Februari) dan Hari Berkabung Nasional pada tanggal 15 Agustus.

7. Mesir

Jumlah hari libur nasional: 22

Penetapan hari libur nasional di Mesir cukup kompleks. Uniknya, jika negara lain memiliki hari Minggu sebagai akhir pekan, lain halnya dengan Mesir tokonya tutup pada hari Senin. Di Mesir, hari libur nasional merupakan gabungan dari hari-hari keagamaan dan non-sekuler. Hari tersebut diperingati berdasarkan kalender Masehi yang tetap dan tanggal yang berbeda-beda dalam kalender Islam. Salah satu tambahan terbaru dalam daftar hari libur nasional Mesir adalah Hari Revolusi (25 Januari) yang ada setelah pemberontakan rakyat pada 2011.

8. Kamboja

Jumlah hari libur nasional: 21
Sebagian besar kalender hari libur nasional Kamboja berkaitan dengan perayaan agama Buddha yang biasanya disesuaikan dengan kalender lunar Khmer. Hal ini berarti bahwa tanggal hari libur nasional Kamboja bervariasi setiap tahunnya. Adapun hari libur nasional yang memperingati berakhirnya rezim Khmer Merah pada tahun 1979 pada tanggal 7 Januari dan penandatanganan konstitusi Kamboja pada tanggal 24 September.

9. India

Jumlah hari libur nasional: 21

Hari libur nasional di India didominasi oleh festival keagamaan (termasuk yang berasal dari Islam, Hindu, Sikh, Jain, Budha dan Kristen). Terlepas dari banyaknya perayaan keagamaan, hanya ada tiga hari libur nasional, yaitu Hari Republik pada tanggal 26 Januari, Hari Kemerdekaan pada tanggal 15 Agustus, dan Gandhi Jayanti (hari ulang tahun Gandhi) pada tanggal 2 Oktober.

10. Liechtenstein

Jumlah hari libur nasional: 20-22 (dua hari libur nasional tidak diakui secara resmi)

Sebagian besar hari libur nasional di Liechtenstein didasarkan pada perayaan Kristen seperti Paskah dan Natal. Ada beberapa hari libur nasional yang kurang dikenal seperti Whit Monday (Juni) dan Mary's Birth (September).

Selain itu, salah satu negara kecil di Eropa ini memiliki dua hari libur yang tercatat di kalender, tetapi tidak diakui secara resmi, yaitu Shrove Tuesday dan Hari Santo Berchtold, pada tanggal 2 Januari. Meskipun bukan hari libur nasional resmi, nyatanya banyak sektor yang memberlakukannya sebagai hari libur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro