10 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Populer Hingga Luar Negeri - Freepik
Kuliner

10 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Populer Hingga Luar Negeri

Nuraini
Minggu, 30 April 2023 - 18:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kopi merupakan salah satu hasil alam Indonesia yang harganya mahal. Jenis kopi asli Indonesia sangat beragam.

Bahkan, beberapa kopi dari Indonesia menjadi incaran pecinta kopi mancanegara. Lantas, apa saja jenis kopi yang berasal dari Indonesia? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Jenis-jenis Kopi Asli Indonesia

Secara umum, kopi di Indonesia terbagi menjadi kopi arabika, robusta, dan liberika. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis kopi di Indonesia yang lengkap dengan karakteristiknya.

1. Kopi Toraja

Kopi ini berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi ini diproses dengan cara giling basah. Jenis kopi ini memiliki dua varian yakni varian robusta dan arabika. Karakteristik kopi ini khas seperti rasa Indonesia yakni menyerupai kapulaga dan kayu manis.

2. Kopi Sidikalang

Jenis kopi Indonesia lainnya yaitu Sidikalang. Kopi ini berasal dari Sumatera Utara. Kopi Sidikalang tergolong sebagai kopi robusta.

Perbedaan jenis kopi Sidikalang dengan kopi Toraja bisa diketahui dari rasanya. Kopi Sidikalang memiliki rasa yang menyerupai coklat dan agak manis. Kopi ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kopi dengan aroma sedang.

3. Kopi Lampung

Menurut penjelasan pada buku “Proses dalam Pengolahan Biji Kopi”, tekstur kopi ini harus dengan rasa yang kuat. Kopi ini diolah dengan teknik dry processing. Walaupun rasanya yang kuat, rasa tersebut hanya muncul hanya ada di bagian tertentu saja.

4. Kopi Jawa

Kopi Jawa diproduksi dengan teknik wet processing. Teknik ini membuat kopi ini memiliki rasa yang tidak sekuat kopi Sumatera dan Sulawesi. Selain itu, kopi ini juga tidak terlalu pekat dan tidak terlalu asam. Kopi ini bisa ditambah rempah, sehingga aromanya semakin nikmat.

5. Kopi Bali Kintamani

Kopi dari Indonesia lainnya yaitu kopi Bali Kintamani. Kopi ini memiliki rasa yang segar dengan aroma khas dan teksturnya ringan. Itulah yang membuat kopi ini berbeda dengan jenis kopi khas Nusantara lainnya.

6. Kopi Papua

Di Papua, tanaman kopi banyak ditemukan di sepanjang lembah yang mengitari Kota Wamena. Kopi Papua termasuk kopi arabika. Karakteristik kopi ini yaitu rasa yang lembut. Kekentalan dan kemanisannya sedang dengan keasamannya rendah.

7. Kopi Temanggung

Kopi Temanggung terbagi atas dua jenis yakni arabika dan robusta. Meskipun demikian, di Temanggung ternyata lebih banyak memproduksi kopi robusta dibandingkan jenis arabika.

Kopi robusta dari daerah ini mempunyai aroma yang lebih kuat dibandingkan dengan daerah lain. Sementara itu, kopi arabika memberikan rasa asam di mulut lebih lama.

Rasa tersebut tidak dijumpai pada kopi jenis lain. Tak hanya di negara kita, kopi ini juga terkenal di luar negeri.

8. Kopi Gayo

Kopi ini berasal dari Kabupaten Bener Meriah dan Gayo Lues, Aceh. Kopi Gayo menjadi salah satu jenis kopi yang populer hingga ke mancanegara.

Rasa kopi ini unik dan tidak terlalu pahit. Selain itu, aromanya juga sedap. Inilah yang membuat kopi ini banyak disukai dan harganya cukup tinggi.

9. Kopi Luwak

Kopi Luwak menjadi salah satu kopi yang unik. Kopi ini berasal dari kotoran hewan Luwak yang makan biji kopi. Tak hanya prosesnya yang unik, kopi ini memiliki rasa lembut dan aman untuk kesehatan lambung. Sama seperti kopi Gayo, kopi luwak juga memiliki harga yang mahal.

10. Kopi Lanang

Jenis kopi dari Indonesia selanjutnya yaitu kopi lanang. Bentuk kopi ini lonjong dan tidak membelah. Rasanya lembut dengan tekstur padat. Selain itu, kandungan kafein kopi ini juga cukup tinggi. 

Itulah sepuluh jenis-jenis kopi di Indonesia yang populer hingga ke luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro