Ilustrasi diet puasa atau intermitten fasting/Freepik
Health

5 Mitos dan Fakta Suplemen Diet yang Perlu Diketahui

Elsa Hayati Sukma
Rabu, 3 Mei 2023 - 08:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berat badan merupakan salah satu yang menjadi tingkat kepercayaan diri seseorang selain wajah. Diet menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan agar tetap menjadi lebih percaya diri.

Berbagai macam cara diet telah dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari diet yang ringan hingga diet yang ekstrem dilakukan demi tubuh terlihat menjadi ideal.

Namun, seringkali orang salah melakukan diet yang tepat dengan mengkonsumsi obat pelangsing tetapi tidak mengontrol makanan dan tidak melakukan olahraga. Hal tersebut menyebabkan sering kali diet gagal dan berakibat fatal bagi kesehatan karena mengkonsumsi obat diet yang terlalu banyak.

Meski obat tersebut dikenal dengan penurunan berat badan cepat, namun sebagian obat belum terbukti aman dan efektif untuk menurunkan berat badan.

Berikut beberapa fakta yang perlu diketahui mengenai suplemen diet:

1. Klaim menurunkan berat badan

Obat pelangsing badan atau obat diet dikenal dengan “penurunan berat badan dengan cepat”. Hal tersebut dapat membuat orang lebih banyak mengkonsumsinya agar cepat mendapatkan perubahan. Namun, penurunan badan tersebut jika tidak diimbangi dengan pola makan dan olahraga maka tidak akan membuahkan hasil pada tubuh.

2. Meningkatkan metabolisme

Suplemen diet dapat meningkatkan metabolisme, faktanya bahwa suplemen tersebut tidak dapat meningkatkan metabolisme Anda. Bahkan produk seperti teh hijau tidak dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Tidak ada satupun bahan-bahan yang dapat menurunkan berat badan jika tidak diimbangi dengan pola hidup yang baik.

3. Tidak berolahraga

Makanan dan olahraga merupakan dua hal yang penting bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal tentu perlu untuk melakukan olahraga dan membatasi makanan yang dikonsumsi. Jika hanya meminum suplemen diet saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga.

4. Klaim lebih cepat kenyang

Klaim ini merupakan salah satu kebohongan yang dijualkan dari produk penurun badan. Pasalnya tidak ada suplemen yang membuat lebih cepat kenyang. Tubuh membutuhkan protein, serat dan lemak untuk memberikan energi bagi tubuh. Namun, jika cara ini dilakukan hanya karena ingin cepat diet, maka dapat merusak organ tubuh yang memproduksi makanan.

5. Mengubah komposisi tubuh

Banyak suplemen yang menjanjikan untuk mengubah komposisi tubuh dengan menekan hormon. Tetapi sangat sedikit bukti bahwa suplemen penurun berat badan benar-benar dapat membantu mengubah komposisi tubuh. Hal tersebut jika dilakukan terus menerus mengkonsumsi suplemen diet, akan dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Namun, terdapat beberapa fakta baik lainnya dalam suplemen diet yaitu:

1. Peningkatan energi dan stamina
2. Peningkatan fungsi mental dan konsentrasi
3. Peningkatan kinerja tubuh.

Beberapa fakta baik mengenai suplemen diet tidak terlepas dari pola hidup. Itu semua penting dilakukan dengan cara mengubah pola hidup dan olahraga agar suplemen diet yang dikonsumsi dapat menurunkan berat badan sesuai yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro