Ilustrasi hipnotis
Relationship

Begini Cara Menghindari Kejahatan Hipnotis

Sabina Arla Yogandini
Rabu, 3 Mei 2023 - 11:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hipnotis merupakan salah satu modus kejahatan yang banyak dilakukan hingga saat ini. Orang yang terkena hipnotis ini secara tidak sadar akan menuruti permintaan pelaku.

Hipnotis ini dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Adapun modus penipuan ini dapat terjadi baik dalam keadaan ramai, sepi, atau melalui sambungan telepon. Hipnotis ini juga dilakukan oleh pelaku untuk berbagai tujuan, entah mencuri perhiasan, mentransfer uang, atau lainnya.

Tentunya hal ini perlu menjadi perhatian agar Anda terhindar dari tindak modus kejahatan atau hipnotis ini.

Melansir dari Medium, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga diri dari kejahatan hipnotis:

1. Kesadaran

Pada dasarnya, Anda terjebak dalam perangkap ini karena Anda tidak memiliki pengetahuan tentang hipnotis. Namun, jika Anda tahu apa itu hipnotis dan bagaimana cara kerjanya, Anda bisa melihat tanda-tandanya dari perilaku mereka.

Untuk memberikan sugesti, penghipnotis harus membuat Anda dalam kondisi tidak sadar. Untuk itu, Anda perlu memiliki kesadaran penuh agar mengetahui modus-modus seperti berbicara secara monoton untuk membuat Anda bosan, bermain dengan nada suara mereka, dengan menekankan kata-kata tertentu, mengulang dan menekankan kombinasi kata tertentu (sugesti).

2. Jangan biarkan Anda lengah

Pelaku hipnotis akan menemukan target yang lebih nyaman. Namun, ini bagus sebagai alat perlindungan sementara. Ibarat air, mereka akan menyiramkan diri ke mana-mana seiring berjalannya waktu, dan Anda akan basah (terhipnotis). Jangan biarkan diri Anda menjadi sasaran mereka terlalu lama.

3. Jangan mencoba untuk mengakali mereka

Para pelaku hipnotis telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk bermain-main dengan pikiran orang. Jadi mereka akan mendapatkan pikiran Anda juga pada waktunya. Namun, Anda masih dapat menolak untuk sementara waktu sampai Anda berhasil melarikan diri.

4. Mempermalukan pelaku

Di momen tersebut, mungkin Anda tidak bisa langsung lari begitu saja. Untuk itu, jika Anda tahu bahwa mereka berpotensi untuk menghipnotis Anda, cobalah untuk mempermalukan mereka dengan berbagai cara misalnya seperti lelucon atau menjadi agresif hingga merusak konsentrasi atau tujuan mereka untuk menghipnotis Anda. Di samping itu, Anda juga perlu mengisi senjata untuk melindungi diri sendiri agar terhindar dari hipnotis.

5. Balas

Jangan ragu-ragu untuk bertindak kurang ajar apabila menemukan tanda-tanda bahwa orang tersebut memiliki tanda-tanda akan melakukan tindak kejahatan hipnotis. Misalnya, menyuruh pelaku pergi dari tempat tersebut dengan suara keras, mengatakan sesuatu yang tidak terduga seperti meminta mereka untuk menikahi Anda secara tiba-tiba (karena mereka sedang mencoba mengacaukan pikiran Anda), atau lainnya yang dapat membantu Anda terhindar dari hipnotis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro