Alis mata/pixabay
Fashion

Ini Tips Untuk Membuat Alis Tebal Secara Alami

Salma Permata Dewi
Jumat, 5 Mei 2023 - 22:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bentuk dan ketebalan alis mata tiap orang berbeda-beda, tergantung dengan genetiknya. Memiliki alis tipis terkadang harus membutuhkan bantuan pensil alis untuk menebalkan alis.

Dilansir dari Healthline, Jumat (5/5/2023), alis tipis karena dicabut dapat diobati dan tumbuh lebih penuh, tetapi tidak jika alisnya tipis secara alami. Tebal tipisnya alis dipengaruhi oleh hormon, usia, obat-obatan, kondisi kesehatan yang mendasarinya, gesekan, gosokan, perawatan diri, dan pencabutan rambut. 

Ini 9 cara menumbuhkan alis lebih tebal:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa semakin populer sebagai minyak goreng dan suplemen makanan. Ternyata minyak kelapa juga disebut-sebut bermanfaat bagi rambut dan kulit saat digunakan secara topikal. Untuk menggunakannya, cukup hangatkan sedikit minyak di tangan Anda dan pijatkan ke area alis. Anda bisa membiarkan minyak semalaman dan membilasnya di pagi hari.

2. Minyak tea tree

Seperti minyak kelapa, minyak tea tree merangsang pertumbuhan dan ketebalan alis dengan menciptakan penghalang pelembab untuk kesehatan seluler dan folikel. Banyak produk kecantikan yang memiliki kandungan minyak tea tree, tetapi juga bisa memakai minyak ini secara langsung. Untuk menggunakannya, oleskan setiap hari ke alis Anda dan biarkan semalaman.

3. Minyak lavender

Minyak lavender paling dikenal karena efeknya yang menenangkan. Minyak ini juga dianggap bisa mengatasi kerontokan rambut. Meskipun umumnya tidak dianggap berbahaya sebagai perawatan rambut rontok, tidak ada penelitian berkualitas yang mendukung keefektifan penggunaan ini. Untuk menggunakannya, pijatkan minyak lavender ke area alis setiap hari untuk ritual relaksasi. Anda juga harus menguji minyak pada bagian lain dari kulit karena dapat menyebabkan ruam pada beberapa orang.

4. Saw Palmetto

Saw palmetto adalah suplemen yang terkadang digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Beberapa orang memakan buah beri, sedangkan yang lain menggunakan ekstrak, kapsul, atau teh. Bentuk-bentuk ini diminum setiap hari sebagai suplemen oral. Saw palmetto biasanya tidak dioleskan. Penelitian tentang keamanan dan keefektifan untuk pertumbuhan rambut alis masih terbatas.

5. Perawatan

Dalam beberapa kasus, mendapatkan alis yang lebih tebal mungkin hanya bergantung pada teknik perawatan yang tepat. Pastikan untuk mengikuti tips ini:

  • Hindari mencabut alis secara berlebihan
  • Selalu mencabut rambut yang tidak diinginkan hanya dalam pencahayaan redup. Melakukan pencabutan rambut dalam pencahayaan yang terang cenderung menyebabkan overplucking
  • Hindari menekan terlalu keras pada area dengan pensil alis
  • Sikat alis dengan sikat alis atau spoolie setiap hari

Setelah beberapa minggu, melakukan hal-hal tersebut kemungkinan besar akan membuahkan hasil. Jika belum berhasil, konsultasikan pada dokter kulit Anda.

6. De-stres

De-stress artinya adalah bersantai setelah masa kerja atau ketegangan. Erum N. Ilyas, MD, MBE, FAAD, dokter kulit bersertifikat, pendiri dan CEO AmberNoon mengatakan stres dapat menyebabkan kondisi yang disebut telogen effluvium, yang mengubah siklus pertumbuhan rambut. Trichotillomania atau kecenderungan menarik rambut, termasuk saat stres, juga bisa memengaruhi alis. Menemukan cara untuk menghilangkan stres dapat membantu mengurangi kerontokan rambut alis, misalnya, meditasi.

7. Krim topikal dengan bimatoprost

Madarosis alis adalah suatu kondisi yang melibatkan kurangnya pertumbuhan atau hilangnya rambut alis. Bimatoprost merupakan obat yang awalnya disetujui oleh FDA untuk pertumbuhan kembali bulu mata itu dapat membantu dalam pertumbuhan alis. Sebuah studi kasus pada 2018 dari seorang wanita berusia 60 tahun dengan kondisi tersebut menyarankan bahwa penggunaan larutan bimatoprost 0,03 persen setiap hari dapat membantu orang mencapai pertumbuhan rambut yang berkelanjutan.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat dengan mudah ditemukan di dalam produk yang ditujukan untuk melembabkan rambut. Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa mengoleskan bahan yang berasal dari pohon zaitun dapat memicu pertumbuhan rambut. Ilyas mengatakan hanya ada sedikit data yang mendukung penggunaan minyak zaitun secara topikal untuk menumbuhkan rambut alis. Walaupun demikian, minyak ini dapat melapisi rambut agar terlihat lebih tebal.

9. Pijat alis

Pijat alis mungkin tidak hanya terasa enak, tetapi ada juga kemungkinan dapat merangsang pertumbuhan secara alami. Sebuah studi tahun 2016 dari sembilan pria menyarankan pijat kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro