Ilustrasi burnout akibat work from home (WFH)/Freepik
Health

Ini 5 Tanda Kelelahan dan Burnout, Simak Cara Mengatasinya

Sabina Arla Yogandini
Selasa, 9 Mei 2023 - 17:02
Bagikan

Dalam menjalani aktivitas yang panjang, tak jarang seseorang akan mengabaikan rasa lelah. Hal itu yang justru membahayakan tubuh bila disepelekan begitu saja. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengatasi hal tersebut dengan cara berikut ini:

1. Pikirkan kembali waktu Anda di depan layar

Meskipun gawai dapat membuat kita merasa lebih terhubung dengan orang lain, tetapi terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar dapat merusak kesehatan. Maka dari itu, sangat penting untuk tetap memantau penggunaan layar Anda sebisa mungkin dan waspada terhadap tekanan kehidupan digital yang selalu aktif. 

2. Fokus pada perawatan diri

Di tengah kesibukan yang ada, Anda harus tetap merawat tubuh dengan olahraga, meditasi, dan diet sehat. Selain itu, pastikan Anda memutuskan hubungan dengan pekerjaan selama masa cuti agar dapat melakukan kegiatan lain tanpa terganggu dengan pekerjaan kantor yang dapat memicu stres.

3. Beristirahatlah

Dalam hal ini, manfaatkanlah waktu akhir pekan dan kesempatan untuk mengambil cuti dengan beristirahat. Menghabiskan waktu di alam terbuka, seperti berjalan-jalan di taman dapat mengurangi stres akut dan kronis.

4. Bicaralah dengan profesional kesehatan mental

Jika Anda kesulitan untuk menangani masalah keluhan, ada baiknya untuk menemui terapis yang mungkin memiliki panduan untuk pemulihan kelelahan.

5. Bersikap terbuka terhadap perubahan

Penting juga bagi Anda melihat perubahan struktural yang lebih besar seperti mengganti pekerjaan, mengurangi jam kerja, atau menegosiasikan tanggung jawab yang berbeda dengan atasan Anda. Bekerja di tempat yang terus-menerus membuat Anda merasa lelah dapat berdampak negatif pada kesehatan mental Anda dalam jangka panjang. 

Selain itu, Anda dapat memilih opsi berhenti bekerja di tempat Anda bekerja saat ini, jika Anda memiliki kemampuan lebih untuk bekerja di tempat lain. Namun, tentunya dalam hal ini perlu keberanian untuk menghadapi tantangan tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro