Contoh kata pengantar/Pinterest
Relationship

4 Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Hana Fathina
Rabu, 10 Mei 2023 - 10:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kata pengantar merupakan bagian awal dari sebuah karya ilmiah. Di dalamnya, terdapat ucapan syukur dan rasa terima kasih dari penulis kepada pihak-pihak yang membantu penyusunan karya ilmiah tersebut. Penulis juga memberikan penjelasan singkat tentang isi dari karyanya. Penulis juga membuka kesempatan bagi pembaca untuk menyampaikan kritik dan saran mereka. Untuk itu kamu juga perlu mengetahui contoh kata pengantar. 

Di dalam kata pengantar, penulis juga memberikan gambaran karya tulis tersebut secara singkat dan permohonan maaf, barangkali ada bagian-bagian yang kurang berkenan pada pembaca. Itulah sebabnya karena sifatnya yang mengantarkan atau membuka karya tulis, maka kata pengantar berada di bagian depan. 

Kumpulan Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar Skripsi

  • Bagian pembuka 
    Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat limpah Rahmat dan karunia-Nya, penulis bisa menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pengaruh Aplikasi TikTok Terhadap Minat Belanja Masyarakat Jakarta”. Dalam penyusunan skripsi, penulis tidak lepas dari pihak-pihak yang sudah membantu dari awal hingga skripsi bisa terselesaikan dengan baik. Oleh sebab itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada: 
  1. Prof Dr. Ir. Handoyo, MBA selaku Rektor Universitas Jaya.
  2. Dr. Irawan, M.Si, selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Jaya.
  3. Kedua orang tua saya yang tiada henti memberikan doa dan dukungan.
  4. Teman-teman Fakultas Ilmu Komunikasi Angkatan 2021 yang Namanya tidak bisa disebutkan satu persatu. Terima kasih sudah memberikan kesan, motivasi dan banyak cerita selama masa perkuliahan. 
  • Bagian isi 
    Skripsi ini ditulis untuk memenuhi salah satu persyaratan akademik perkuliahan demi memperoleh gelar sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Jaya. Skripsi ini membahas hubungan aplikasi media sosial dengan perilaku belanja masyarakat, sehingga pembaca bisa mengetahui seberapa besar pengaruh dari aplikasi yang mereka gunakan sehari-hari. 
  • Bagian penutup 
    Penulis menyadari bahwa di dalam skripsi ini masih terdapat banyak kelemahan. Oleh karena itu, penulis berharap adanya kritik dan saran demi perbaikan karya yang akan datang. Penulis mohon maaf jika ada kesalahan kata yang kurang berkenan.

Contoh kata pengantar karya ilmiah

  • Bagian pembuka 
    Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah dan pertolongan-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan buku yang berjudul “5000 Resep Diet untuk Pemula”. Tidak lupa penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya untuk Ibu Maharani S.Gz, M.Gz selaku nutrisionis yang sudah memberikan arahan dan bantuan selama penulis menyelesaikan buku ini. penulis juga menyampaikan terima kasih untuk teman-teman yang sudah meluangkan waktu untuk berdiskusi dan memotivasi penulis agar buku ini bisa cepat selesai. 
  • Bagian isi 
    Buku “5000 Resep Diet untuk Pemula” berisi cara mengolah makanan dan minuman yang lezat, mudah, dan bergizi. Buku ini ditujukan untuk mereka yang ingin memulai diet tanpa menguras kantong. Resep yang diberikan bervariasi agar tidak mudah bosan selama dalam program diet. 
  • Bagian penutup 
    Penulis berharap buku ini bisa bermanfaat bagi mereka yang ingin hidup sehat. Tetapi, penulis menyadari buku ini tidak lepas dari kekurangan. Oleh karena itu, penulis menyampaikan permohonan maaf dan terbuka untuk kritik dan saran demi perbaikan di masa mendatang. 

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Segala Puji Bagi Allah SWT atas nikmat yang sudah diberikan, penulis sudah bisa membuat serta menyelesaikan laporan Praktek Kerja Lapangan  (PKL) atau laporan magang. Adapun pembuatan laporan ini ditujukan syarat kelulusan dari mata kuliah PKL atau magang. Saya bisa menyelesaikan magang dengan baik tidak lepas dari bantuan dan teman-teman kantor tempat saya magang. 

Begitu juga dengan pembuatan laporan magang tidak lepas dari bantuan teman-teman kuliah dan bimbingan dari banyak pihak. Oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada (nama) selaku Kepala Program Studi, Universitas (nama), (nama) selaku dosen pembimbing, (nama pemimpin perusahaan), (nama) selaku pembimbing magang di perusahaan (nama) dan teman-teman dan seterusnya. 

Penulis menyadari bahwa laporan magang ini masih banyak kekurangan, sehingga penulis secara terbuka menerima setiap kritik dan saran dari pembaca. Laporan PKL yang ditulis ini semoga bisa dijadikan sebagai referensi bagi pembaca terutama mahasiswa dengan satu program studi yang sama. 

Contoh kata pengantar singkat

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas Rahmat-Nya dan karunia-Nya saya bisa menyelesaikan makalah singkat tepat pada waktunya. Adapun judul dari makalah singkat ini adalah “Manajemen Keuangan Perusahaan”. 

Pada kesempatan kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen mata kuliah manajemen perusahaan yang sudah membimbing saya untuk menyelesaikan makalah singkat ini. selain itu, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu saya dalam menyelesaikan makalah singkat ini. 

Penulis menyadari bahwa dalam menulis makalah singkat ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun diharapkan bisa membuat makalah singkat ini menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi penulis dan pembaca. 

Itulah kumpulan contoh kata pengantar yang baik dan benar yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro